KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Saturday, August 10, 2013

"Petuah" dari 8 pengusaha agar Bisnis Online Sukses

"Petuah" dari 8 pengusaha agar Bisnis Online Sukses

    Orang-orang sukses sangat cocok dijadikan tokoh panutan di mata kalangan umum. Tingkah laku, pola pikir, dan karakter yang dimiliki orang sukses bisa dicontoh oleh masyarakat luas. Tak terkecuali penjual online pun dapat menerapkan pola pikir orang-orang sukses tersebut agar juga ikut meraih keberhasilan.
    Berikut "petuah" dari 8 pebisnis sukses yan gdapat diterapkan oleh penjual online agara bisnisnya berhasil.

1. Berani Bertindak
    Niat berbisnis tidaklah cukup. Seberapapun besarnya niat berbisnis yang dimiliki penjual, niat tersebut tidak akan berarti apa-apa tanpa realisasi. Maka, hal yang paling penting untuk dilakukan calon penjual adalah segera merealisasikan niat berbisnis dalam bentuk tindakan nyata. Tanpa langkah konkret, sebuah bisnis tidak akan pernah bisa dimulai.

    "First single step memang berat namun inilah modal utama saat memulai bisnis. Jika langkah pertama ini tidak direalisasikan, langkah-langkah berikutnya tidak akan tercipta. Jangan terlalu banyak berpikir saat memulai bisnis. Langsung action saja."
66% Wirausahawan mengaku, terlepas dari apakah sukses atau tidak, mereka tidak menyesal telah memulai bisnis.
Imilia Lekawati, pemilik toko online IML Shop


"Petuah" dari 8 pengusaha agar Bisnis Online Sukses
 

2. Reputasi yang Baik di Media Online
    Dalam bisnis online di mana penjual dan pembeli tidak bisa bertatap muka secara langusung, kepercayaan adlah sesuatu yang sulit dijalin. Maraknya kasus penipuan online makin menyulitkan penjual untuk membangun kepercayaan pembeli terhadap toko onlinenya. Sesungguhnya, keuntungan berjualan online tidak hanya diukur dari berapa besar profit yang didapat, melainkan juga dari nama baik dan tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko online tersebut.

    "Keuntungan tak hanya dilihat dari berapa banyak uang yang dihasilkan, tetapi juga bagaimana menjaga hubungan dengan pelanggan sehingga punya nama baik. Nama baik adalah sesuatu yang penting, apalagi jika kita brjualan secara online."
92% konsumen percaya pada baik atau buruknya reputasi penjual yang beredar di media online.
Hendri Kusuma, pemilik toko Berkamera.com

3.Kreativitas dan Inovasi
    Ide adalah sesuatu yang harganya sangat mahal, bahkan priceless. Kreativitas dan Inovasi tidak bisa diukur dengan satuan mata uang mananpun. Dua hal tersebut berkaitan dengan pemikiran akan sesuatu yang baru, yang belum pernah diciptakan oleh orang lain sebelumnya. Yang dibeli konsumen dari sebuah produk inovasi bukanlah produk itu sendiri, melainkan ide yang tercetus di pikiran si pencipta produk. Maka, penjual online yang mampu melakukan inovasi produk pastinya akan meraih kesuksesan berbisnis.
    "Kreativitas dan inovasi adalah 2 faktor penting dalam bisnis. Inovasi berarti melakukan sesuatu yang berbeda dari orang lain. Bahkan sesuatu yang lebih baik. Dan kreativitas seta inovasi hanya akan datang dari inner passion seseorang."
60% konsumen beranggapan, kreativitas adalah faktor penentu kesuksesan bisnis dalam 5 tahun ke depan.
Mooryati Soedibyo, pendiri perusahaan kosmetik Mustika Ratu

4. Karakter Berkualitas
    Kekuatan modal dan besarnya profit tidak menjamin kesuksesan bisnis online. Karakter, kondisi psikologis, serta sisi personal lainnya yang dimiliki oleh penjual juga menentukan kesuksesan sebuah toko online.
    "Kunci sukses berbinis online yaitu 3B dan 3C.3B yaitu berusaha, berdoa, dan berintrospeksi. Tambahkan dengan 3C yaitu cool, calm dan confidnet. Tetaplah konsisten dan pantang menyerah dalam menjalankan bisnis."
25% peluang kesuksesan bisnis ditentukan oleh karakter si pemilik bisnis.
Pemilik toko online Fixilicious

5. Memberikan Yang Terbaik
    Do not compare to the best others can do, but to the best You can do. Ucapan ini adalah sebuah motivsi yang baik dalam berbisnis online yang sarat dengn kompetitor. Karena memiliki ruang lingkup yang luas, penjual online memliliki jumlah kompetitor yang sangat banyak, bahkan berasal dari selutuh penjuru dunia yang terjamah internet. Memutar otak untuk menjadi unggul dari kompetitor hanya akan membuat bisnis online tidak fokus. Abaikan kompetitor dan berbisnislah secara maksimal agar mendapat hasil yang terbaik.
    "Tidaklah perlu ambil pusing dengan apa yang dilakukan kompetitor. Yang penting, berusahalah semaksimal mugnkin dalam menjalankan bisnis. Daripada memikirkan kompetitor, lebih baik memikirkan cara memaksimalkan segala hal yang dipunya agar bisnis berkembang. Do the best we can."
72% konsumen mau berbelanja dari penjual yang namanya belum besar, asalkan dapat memberikan layanan yang baik.
Wynda Mardio, pendiri Restoran Steak Hotel by Holycow!


"Petuah" dari 8 pengusaha agar Bisnis Online Sukses
 

6.Kejujuran
    Kejujuran adalah hal terpenting saat berbisnis, apalagi di media online. Kunci sukses yang paling penting adalah niat baik dan kejujuran si penjual online itu sendiri.
    "Kejujuran akan membuat keberlangsungan hidup dunia belanja online bisa bertahan lama. Jadi, hanya satu kunci sukses dalam berbisnis online, jadilah penjuala online yang jujur."
86% konsumen kan berhenti berbelanja dari pemilik toko online yang tidak jujur.
Asmi Ryu, pemilik toko online BBKUOKESHOP

7. Kepuasan Pembeli
    Pada banyak kasus, konsumen lebih percaya dengan apa yang mereka baca melalui media online. Jika testimonial terhadap sebuah toko online buruk, maka calon pembeli akan mencari toko online lain. Testimonial buruk dari pembeli muncul karena ia tidak puas dan kecewa setelah bertransaksi dengan penjual online.
    "Bangunlah kepercayaan pembeli, misalnya dengan merespon secara cepat dan mengutamakan kepuasan pelanggan. Kepercayaan pembeli bukanlah sesuatu yang bisa diciptakan secara instan. Kepercayaan dibangun secara perlahan."
60% konsumen mengaku rela membayar lebih jika penjual dapat memberikan layanan yang lebih baik.
Yuliadi, pemilik toko online Original Solution

8.Pantang Menyerah
    Tanpa kegagalan, tidak akan ada kesuksesan. Maka ketika sebuah upaya bisnis menemui jalan buntu, penjual online tidak boleh menyerah. Semangat, sugesti positif, dan pola pikir yang optimis membuat bisnis betahan di saat-saat sulit sehingga berhasil meraih kesuksesan dimasa depan.
    "Meskipun terkesan tidak ada konsumen yang tertarik membeli produk atau menggunakan jasa kita, jangan menyerah. Tetaplah aktif mengunggah produk atau jasa kita di media sosial. Ketika kita berhenti aktif di media sosial, pada saat itukah brand kita akan mati. Keep moving foward!"
66% konsumen akan melakukan repeat order jika produknya berkualitas, meskipun toko online tersebut belum terkenal.
Trias Nuriarta, penyedia jasa make-up artist di triasnuriarta.com

No comments:

Post a Comment