KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Tuesday, August 6, 2013

Cara Efektif Mengelola Gudang Barang

Cara Efektif Mengelola Gudang Barang

    Gudang tempat menyimpan barang dan stok produk merupakan bagian penting untuk menunjang kelancaran usaha sukses Anda. Gudang yang dikelola dengan baik akan meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan dengan mengirimkan barang yang sesuai pesanan baik jumlah maupun kualitasnya.
   

 Berikut Cara efektif mengelola gudang barang:

Tata Letak Gudang
    Gudang yang tertata rapi antara jalur lintasan, pengelompokan barang, sirkulasi udara yang baik akan memudahkan pengelolanya. Berbeda dengan gudang yang semrawut dehingga dulit membedakan mana barang yang awal dan akhir diterima. Ketika mencari suatu barang akan memerlukan waktu yang lama karena tidak tertata rapi. Maka mulailah Anda merapikan layout gudang sesuai fungsi dan ukuran gudang. Perjelas batas penyimpanan barang dan batas jalan untuk melintas. Pastikan barang terkumpul dalam beberapa kelompok kategori sehingga mudah dalam pengelolaanya.


Cara Efektif Mengelola Gudang Barang



Perbaiki Data Base Gudang
    Setiap barang yang masuk dan keluar harus dicatat dalam satu data base yang teritegrasi, sehingga memudahkan dalam pengontrolan barang. Untuk memudahkan hal ini Anda bisa membeli software inventory yang banyak dijual di pasaran, sehingga Anda tinggal memasukan data-data maka software langsung mengintegrasikannya dengan stok barang secara keseluruhan. Untuk pengecekan Anda tinggal lihat summary-nya saja dan Anda sudah bisa mengambil keputusan untuk membeli atau mengeluarkan barang dari gudang.


Cara Efektif Mengelola Gudang Barang



Sistem Keamanan Gudang
    Sebagaian asset Anda ada di dalam barang yang tersimpan di gudang, jadi jangan sampai asset Anda hilang. Untuk system keamanan Anda biisa buat gudang yang tertutup dimana tiap jendela memiliki terali besi dan dijaga oleh suatu atau duaorang penjaga. Selain menghindari dari pencurian ada keamanan yang tidak kalah pentingnya untuk dijaga yaitu hewan perusak seperti tikus dan rayap. Apalagi untuk barang makanan dan minuman, tikus ini menjadi perusak stok barang Anda. Pasanglah alat anti hama tikus dan rayap sekitar gudang Anda, serta pelihara kebersihan gudang yang bersih akan menyulitkan hama berkembang baik.

   

No comments:

Post a Comment