KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Wednesday, August 14, 2013

8 Tanda pembeli Puas Bernelanja di Toko Online

8 Tanda pembeli Puas Bernelanja di Toko Online

    Kesuksesan sebuah toko online tak terlepas dari feedback pembeli yang bertransaksi di toko tersebut. Testimonial atau kesan dan pesan yang dilontarkan oleh pembeli bisa jadi salah satu alternatif untuk berpromosi karena testimonial menjadi alat bukti bahwa sebuah toko online benar-benar menjaga kualitas produk dan pelayanannya.
    Testimonial positif di situs jual beli online menjadi bahan pembakar semangat berdagang bagi pemilik toko online. Maksudnya, produk serta pelayanan yang diberikan seperti menyuntikkan energi positif bagi pembeli. Sehingga pembeli senang dan hati penjual pun puas. Selain itu kesan pesan positif juga bisa menjadi bahan evaluasi. Penjual sudah berhasil menemukan standar pelayanan yang baik sehingga pelayanan toko online yang seperti itu yang harus selalu dilakukan demi kepuasan pelanggan.

Berikut ini adalah contoh komentar positif yang menandakan bahwa pembeli puas berbelanja di sebuah toko online:
1."Pelayanannya Ramah"
    Pada dasarnya, pelayanan yang diberikan oleh pemilik toko online sangat memengaruhi kesan yang ditimbulkan oleh pembeli. Jika pelayanannya ramah, pembeli akan menaruh kesan positif terhadap toko online tersebut.
Selain ramah, penjual juga sebaiknya sabar dan tahu betul bagaimana menanggapi interaksi dari pembeli. Sehingga, pembeli tak ragu memberikan feedback positif seperti " saya nanya barang, penjualnya bisa ngasih saran" atau "penjualnya sabar jawab pertanyaan saya".

2. "Kemarin sore ditransfer, tdi pagi sudah sampai"
    Respon dan proses pengiriman barang yang cepat juga menjadi titik balik berubahnya keraguan menjadi kepercayaan yang diberikan pembeli kepada sebuah toko online. Penjual yang dapat memenuhi harapan pembeli, bahkan diluarnya, akan menuai kepuasan pembeli. Oleh karena itu, sebaiknya pemilik  toko online berusaha semaksimal dan secepat mungkin dalam memproses barang yang sudah dipesan. Pemilihan jasa pengiriman yang terpercaya pun bisa jadi salah satu senjatanya.


8 Tanda pembeli Puas Bernelanja di Toko Online


3. "Gambarnya sesuai sama gambar, Gan"
    Pentingnya foto produk yang sesuai dengan kondisi barang akan terbukti ketika pembeli membuka bungkusan paket dan melihat barang yang ia pesan. Jika barang yang ia terima lebih buruk dibandingkan foto yang ditampilkan di toko online, pembeli akan kecewa.
Selain kesesuaian produk dengan foto, pemilik toko online pun sebaiknya selalu memriksa kelengkapan produk jika produk tersebut terdiri dari beberapa bagian.  Kurang satu bagian saja, bisa menurunkan kepercayaan pembeli.

4. "Barangnya keren, kualitasnya bagus"
    Inti dari jual beli online adalah penjual memnuhi kebutuhan pembeli dengan menyediakan barang yang punya kualitas baik. Ketika pembeli memberikan kesan seperti " barang bagus banget, gan", berarti penjual telah memenuhi kebutuhan pembeli dengan produk berkualitas bagus.

5. "Harganya terjangkau"
    Salah satu alasan orang mau berbelanja di internet adalah harga yang ditawarkan terjangkau. Dan pembeli senagn ketika produk yang ia inginkan hanya perlu dibayar dengan uang yang masuk ke dalam budget mereka.

6. "Terima kasih sudah bantu monitor barang sampai tujuan"
    Keraguna pembeli dalam bertransaksi di toko online dapat disebabkan oleh ketidakpastian apakah barang yang dipesan benar-benar dikirim dan sudah sampai mana barangnya. Berikanlah nomor resi pengiriman produk dan memberi tahu pembeli bahwa produknya sudah dikirim adalah cara menjawab keraguan pembeli.


8 Tanda pembeli Puas Bernelanja di Toko Online


7. "Ada kelebihan pembayaran langsung dibalikin ke rekening saya"

    Kejujuran yang dilakukan oleh pemilik toko online juga dapat memberikan kesenangan seta kepuasan oleh pembeli. Salah saru kejujuran yang dapat diterapkan adalah mengembalikan kembalian pembayaran. Hal ini menunjukkan bahwa penjual mengetahui batasan-batasan serta hak dan kewajiban yan gharus ia lakukan.

8. "Packingannya rapi"

    Hal pertama yang dilihat oleh pembeli saat pesanannya sampai adalah bentuk packaging produknya. Oleh karena itu, sebaiknya penjual membungkus rapi (rapi secara visual & tidak merusak produk yang dibungkus) setiap produk yang hendak dikirim ke tempat pembeli.

    Dari contoh di atas, sebaiknya penjual toko online berlomba-lomba untuk mendapatkan reaksi positif seperti itu dan mempertahankan standart pelayanan sehingga rekomendasi positif tersebut selalu diberikan oleh pembeli yang akhirnya berujung pada pesanan berikutnya.

No comments:

Post a Comment