KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Thursday, August 8, 2013

Kualitas Produk, Kunci dan Pondasi Dalam Berkembangnya Usaha

Kualitas Produk, Kunci dan Pondasi Dalam Berkembangnya Usaha

    Berwirausaha bisa diartikan secara sederhana sebagian melakukan kegiatan secara mandiri untuk menciptakan dan menemukan produk untuk kemudian dijual kembali. Maka langkah pertama yang harus kita lakukan untuk memulai berwirausaha adalah mencoba menghasilkan sebuah produk yang layak untuk dijual.
    Kualitas produk adalah syarat mutlak dari keberhasilan kegiatan berwirausaha. Kualitas produk juga harus menjadi pertimbangan utama kita saat mencoba meng-create atau menemukan sebuah produk untuk dipasarkan. Produk yang kita hasilkan atau kita cari harus  memiliki kualitas produk yang benar-benar baik mutu, bahan baku, kegunaan maupun harga. 


Kualitas Produk, Kunci dan Pondasi Dalam Berkembangnya Usaha

    Tentu tidak mudah mengingat, mengkombinasikan mutu bahan baku, kegunaan, harga dan hasil akhir produk. Maka terkadang mamancing kita untuk melakukan kegiatan wirausaha dengan tidak jujur. Seperti mengurangi kualitas maupun kuantitas bahan baku yang diperlukan yang berakibat kepada menurunya kualitas produk usaha yang kita hasilkan. Dan buka hal terlarang jika berusaha untuk menemukan cara atau teknik seta bahan baku lain dalam berproduksi dengan tujuan menghasilkan produk yang lebih murah asalkan tidak mengorbankan kualitas produk yang kita hasilkan.
    Sebagian dari kita mungkin berfikir kualitas produk tidaklah terlalu penting, yang terpenting adalah kita menghasil produk yang murah dan terjangkau oleh daya beli konsumen. Tetapi seiring berjalannya waktu pasti konsumen akan meninggalkan kita dan beralih kepada produk yang lebih baik kualitasnya. Karena pada dasarnya semua orang menginginkan produk yang berkualitas baik.


Kualitas Produk, Kunci dan Pondasi Dalam Berkembangnya Usaha

Jika produk kita masih laku dan di beli oleh konsumen meski kualitas produk kita tidak bagus hal tersebut terjadi hanya karena tidak ada pilihan lain bagi konsumen atau mereka belum mampu untuk membeli produk yang kualitasnya lebih baik. Maka kita harus bersiap untuk gulung tikar jika sewaktu-waktu muncul produk pesaing dengan kualitas yang lebih baik dan konsumen kita mampu untuk membeli produk yang kualitasnya lebih baik.
    Jadi ciptakan dan temukan produk yang benar-benar berkualitas baik dan bagus lalu tawarkan atau pasarkan kepada target market kita dengan sebaik-baiknya. Mungkin butuh waktu lama, tetapi perlahan namun pasti konsumen akan datang kepada kita bukan semata-mata karena 'hebohnya" strategi marketing yang kita terapkan namun lebih kepada kualitas produk kita yang memang dapat dipertanggung jawabkan da diterima dengan baik oleh konsumen. Dan penerimaan baik konsumen atas kualitas produk kita adlah modal besar serta pondasi yang kuat utnuk tumbuh berkembangnya usaha kita.

No comments:

Post a Comment