KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Thursday, August 22, 2013

Kelebihan dan Kekurangan Forum Jual Beli

Kelebihan dan Kekurangan Forum Jual Beli

    Ekonomi global sendiri menghadirkan istilah baru seperti e-commers atau e-bisnis dimana menghadirkan transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli. Salah satu yang paling dikenal untuk melakukan transaksi online dimana sudah dianggap seperti “pasar” jika di ranah offline adalah forum jual beli. Forum jual beli merupakan forum/tempat dimana penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi penjualan dan pembelian.

Kelebihan Forum Jual Beli 

  Ada beberapa kelebihan untuk berjualan ataupun membeli di forum jual beli. Sebagai contoh Anda tidak perlu keluar rumah, melainkan hanya menggunakan komputer / laptop saja. Berikut secara signifikan dijelaskan beberapa kelebihan forum jual beli:

1. Anda dapat memperoleh barang-barang yang unik, yang mungkin tidak ada di pasaran.

2. Harga barang di forum jula beli biasanya sesuai dengan harga pasar dan bahkan lebih murah. Ini dikarenakan sang penjual bebas dari biaya sewa toko.

3. Anda bisa tawar-menawar tanpa harus bertatap muka dengan pihak penjual. Anda bisa mengirimkan emoticon yang membentuk keakraban diantara Anda dan penjual.

4. Anda bisa menimbang atau membandingkan antara satu barang dengan barang yang lainnya tanpa harus membuat si pemilik toko kesal. Tidak seperti di pasar tradisional karena anda harus masuk dan bertemu penjaga toko terlebih dahulu.

5. Memberikan And kemudahan dalam menemukannya walaupun banyak pilihan karena jangkauannya yang luas.



Kelebihan dan Kekurangan Forum Jual Beli


Kekurangan Forum Jual Beli
    Tetapi bukan tidak ada kekurangan juga pada sebuah forum jual beli. Salah satunya adalah biaya akses Internet, layanan koneksi, biaya hosting ataupun web dan sebagainya. Begitu juga dengan pengiriman barang yang bukan tidak mungkin mengalami kendala. Untuk itu mari kita antisipasi beberapa kekurangan forum jual beli, sebagai berikut:

1. Ada kemungkinan HOAX, atau penipuan karena Anda tentunya tidak bisa memeriksa langsung apakah barang benar adanya.

2. Tidak ada jaminan garansi dari perusahaan apabila barang tersebut adalah barang second.

3. Pihak penjual ataupun perusahaan bisa saja ternyata adalah fiktif di Internet.

4. Forum jual beli masih bersifat coba-coba karena hukuman e-commerce belum menyentuh wilayah ekonomi sejati.

5. Biasanya forum jual beli masih dipandang sebagai pasar barang-barang second.

    Saat itu memang forum jual beli masih berhadapan dengan perusahaan besar. Beberapa perusahaan besar masih hanya menjual produk tanpa memerhatikan pertanyaan pelanggan. Tetapi memang tidak jarang pula sekarang perusahaan besar mulai melirik potensi Internet dan berbagai seluk-beluknya untuk dekat dengan pelanggan. Anda yang ingin mencoba peruntungan di forum jual beli, tidak ada salahnya untuk mencoba. Cobalah untuk menjual apa yang Anda punya tetapi tidak dibutuhkan lagi oleh Anda. Kelebihannya adalah Anda bisa menjadikan proses jual-beli di forum jual beli ini sebagai sampingan dimana Anda tidak harus menjaga toko sepanjang hari, tetapi bisa ditinggalkan.

No comments:

Post a Comment