KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Monday, August 19, 2013

8 Cara Aman transaksi dengan Mobil Banking

8 Cara Aman transaksi dengan Mobil Banking

    Layanan M-Banking ini dimaksudkan memberi kemudahan bagi nasabahnya dalam bertransaksi. Nasabah tak usah datang ke bank jika ingin melakukan transaksi, seperti mutasi rekening dan transfer data.
    Transaksi bisa dilakaukan dimana saja dengan menggunakan ponsel, namun tetap harus hati-haui.
Terdapat 8 cara aman saat melakukan transaksi dengan mobile banking, antara lain :
* Pastikan kredibilitas bank
    Banyak bank menyediakan layanan mobile banking. Jika Anda ingin menggunkana layanan itu, pastikan kredibilitas bank tersebut. Hal ini untuk menjamin bahwa uang yang Anda disimpan di bank-bank besar aman. Untuk mendapatkan kredibilitas bank, Anda bisa bertanya pada teman-teman yang sudaah berkerja di bank.

* Pastikan bank sudah bekerjasama dengan banyak operator
    Pastikan bank yan Anda pilih sudah berkerjasama banyak operator. Hal ini dimaksudkan agar Anda mudah memperoleh akses dari operator saat Anda berada di blank spot area.


8 Cara Aman transaksi dengan Mobil Banking


* Perhatikan akses penggunakan mobile banking yang ditawarkan
    Layanan standard mobile banking, bisa akses dengan fasilitas diponsel antara lain SMS banking atau Aplikasi Tool Kit (ATK). Karena itu jangan sampai salah akses.

* Pastikan adanya bukti transaksi
    Pastikan adanya bukti transaksi dari setiap transaksi yang Anda lakukan. Hal ini sebagai jaga-jaga bila ada masalah. Karena itu, setiap melakuakan transaksi, terutama transfer dana, jangan lupa minta bukti pembayaran kepada bank.

* Pastikan kepada siapa melakukan transaksi
    Pastikan kepada siapa Anda melakukan transaksi. Apakah Anda telah kenal dengan orang yang menjadi lawan transaksi atau belum. Jika Anda tidak kenal betul lawan transaksi, hindari melakukan melalui mobile banking. Hal ini agar Anda tidak merasa khawatir saat memberikan dana.

* Jangan simpan PIN dan password di ponsel
    Karena khawatir lupa nomor PIN dan password, sering orang menyimpan PIN dan password di ponsel. Hal ini sangat berbahaya, sebab bila ponsel hilang dan ditemukan orang tidak bertanggungjawab, dia bisa mengambil uang dalam rekening Anda.


8 Cara Aman transaksi dengan Mobil Banking


* Segera hubungi customer service bank bila ponsel hilang
    Segera hubungi customer servise bank bila ponsel hilang. Tujuannya untuk memblokir semua transaksi melalui mobile banking yang dilakukan olehorang yang tidak bertanggungjawab.

* Gunakan mobile banking untuk kegiatan sederhana
    Meskipun layanan banking bisa digunakan untuk apa saja, tetapi sebaiknya gunakan untuk kegiataan sederhana saja, misalnya cek saldo atau mutasi rekening. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kalaupun transaksi melalui layanan ini terpaksa dilakukan yakinkan bahwa dana yang Anda kirim aman.

No comments:

Post a Comment