KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Monday, August 5, 2013

Memilih Nama Merek

Memilih Nama Merek

    Biasanya konsumen mengidentifikasi sebuah merek dari nama yang disandangnya, karena itu nama merek haruslah mencerminkan asosiasi yang kuat dan memperlihatkan esensi dari sebuah produk. Nama merek yang tepat untuk sebuah produk/perusahaan akan berperan besar dalam proses brand building.
    Berikut beberapa tips dalam memilih nama merek:

 
* Hindari "kumpulan huruf"
    Nama yang disusun dari huruf yang disingkat tidak akan punya arti, dia akan hilang ditelan kerumunan pasar dan memerlukan biaya tinggi dalam promosi, hindarilah singkatan, nama yang berupa kata-kata akan lebih mudah diingat konsumen.

* Jangan mengambarkan, tapi membedakan
    Kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah memuat terlalu banyak deskripsi dalam nama merek. Sebuah nama harusnya tidak berusaha menggambarkan tapi mempunyaai kemampuan untuk memperlihatkan esensi dari sebuah produk, supaya efektif, nama tersebut harus memiliki potensi. Nama yang terlalu singkat atau terlampau deskriptif tidak akan memiliki kemampuan untuk menjadi merek yang efektif.


Memilih Nama Merek



* Jika menyenangkan, lupakan
    Nama yang berhasil dalam jangka panjang, awalnya adalah nama yang paling kontroversial. Ketika memilih sebuah nama carilah suatu nama yang menghentak pasar bukan yang hanya menambah kerumunan karena kadang bisa membatasi pertumbuhan dan kurangnya kreatifitas.

* Harus Jelas
    Merek dengan satu kata adalah yang paling efektif, nama yang terlalu panjang san tersiri dari banyak kata akan mengarah pada singkatan. Ketika orang menyingkat nama Anda, berarti Anda kehilangan kotrol terhadap merek Anda.

* Jangan memilih lewat riset
    Riset memang alat yang berharga untuk menguji nama-nama pantangan dalam masyarakat, tapi tidak seorang pun yang memahami produk dan positioning Anda lebih baik dari diri Anda sendiri. Jangan biarkan popularitas yang menentukan nama lewat tersebut, nama yang populer belum tentu menjadi nama yang bagus untuk jangka panjang.


Memilih Nama Merek


* Jangan berharap ada kebulatan suara
    Dalam minggu-minggu pertama pengenalan merek. pasti ada banyak komentar terhadap nama baru tersebut. tetapi begitu orang mulai familiar dengan nama itu, mereka akan merasa nyaman dengan nama itu.

* Ini tentang strategi, bukan perasaan dan politik
    Banyak yang menyeleksi nama berdasarkan perasaan, kecenderungan pribadi bahkan melibatkan politik, lupakan, tetaplah fokus pada strategi.
   

No comments:

Post a Comment