KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Saturday, August 10, 2013

Kenapa Ide Bisnis Anda yang Brilian itu Hanya Menjadi Fatamorgana?

Kenapa Ide Bisnis Anda yang Brilian itu Hanya Menjadi Fatamorgana?

    Memiliki bisnis sendiri yang profitable, entah sebagai sumber penghasilan utama satu sember penghasilan sampingan, tentu merupakan hal yang bagus. Sayangnya angan-angan memiliki bisnis sendiri itu lebih sering tenggelam dalam bayang-bayang fatamorgana.
    Berikut ini 4 faktor yang acap mesabotase angn-angan kita untk menjadi pebisnis sukses beserta beserta dengan solusinya.

1. Loss Aversion - Takut Mengambil Resiko Kerugian
    Faktanya, diseluruh dunia ternyata mayoritas orang takut dengan potensi kerugian (studi menunjukkan mayoritas orang di dunia lebih takut dengan ancaman resiko kerugian, dibandingkan terpukau dengan potensi keuntungan).
    Takut akan kerugian ini kian menjadi-jadi kalau Anda sudah menikah (berkeluarga) dan kemudian sudah bekerja mapan di kantor. Comfort zone pelan-pelan akan menyergap dan impina untuk membuat bisnis sendiri itu lalu diam-diam dilipat.
Solusinya: pilihlah jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal besar. Dengan begitu, ketakutan kita akan resiko kerugian bisa diminimalkan. Mulailah dengan bisnis kecil-kecilan yang tidak membutuhkan biaya yan gbesar. Kalau ternyata sukses, niscaya rasa takut itu akan pelan-pelan hilang dengan sendirinya.


Kenapa Ide Bisnis Anda yang Brilian itu Hanya Menjadi Fatamorgana?



2. Tidak Punya Modal untuk Bisnis
    Orang yang bekilah tidak ppunya modal untuk bisnis mungkin memang tidak layak jadi pebisnis. Jiwanya rapuh dan tidak kreatif mencari jalan keluar.
Solusinya: mulailah bisnis yang membutuhkan modal kecil. Selain itu banyak lembaga yang menawarkan bantuan modal untuk udaha kecil baru. Hanya dengan googling, kita segera tahu apa saja lembaga itu dan dmana alamatnya.
Kreativitas untuk mendapatkan modal bisnis juga pertanda apakah Anda memang layak jadi pebisnis tangguh atau pebisnis yang lemah.

3. Bingung Menentukan Jenis Bisnis Apa yang Mau Ditekuni
    Sebenarnya, saat ini begitu banyak info mengenai peluang usaha bertebaran dimana-mana (bahkan ada tabloid khusus mengenai peluang usaha). Hanya mungkin justru tawaran ratusan pilihan peluang udaha itu makin membuat kita bingung.
Solusinya: Sebaiknya terjunlah ke bisnis yang setidaknya kita sudah punya pengalaman atau bekal ketrampilan disitu.


Kenapa Ide Bisnis Anda yang Brilian itu Hanya Menjadi Fatamorgana?


4. Tidak Punya Skills dalam Bisnis yang Mau Ditekuni
    Misalnya, Anda ingin sekali bisnis budidaya lele, tetapi tidak tau caranya.
Solusinya: Googling saja, karena dengan googling kita dengan mudah akan tahu dimana tempat kursus budidaya lele.
kuncinya be resourceful (jeli melihat dimana saya harus belajar dan menemukan jawaban). Banyak orang langsung kehilangan nyali begitu mereasa tidak punya skills. Betapa rapuh mentalitas kegigihannya.

No comments:

Post a Comment