KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Tuesday, July 23, 2013

Tips Mengubah Pelanggan Online Jadi Duta Bisnis

Tips Mengubah Pelanggan Online Jadi Duta Bisnis

    Perkembangan media sosial membuat banyak perubahan, contohnya kini banyak yang berjualan lewat jejaring sosial seperi facebook. Perubahan ini memang membawa kemudahan, tetapi juga menuntut tanggung jawab.
Selain bermodalkan kepercayaan para pembeli juga menuntut perhatian leibh dari pedagang online. Karena sifatnya yang interaktif, para pembeli membutuhkan tanggapan yang cepat dari para penjual. Kemudian Pembeli juga akan menyebarkan kepuasannya kepada teman-temannya jika Anda memberikan pelayanan prima.
    Disitulah terletak kesempatan untuk memanfaatkan pelanggan menjadi duta bisnis alias orang yang menyebarkan bisnis kita kepada orang lain secara gratis.
Berikut beberapa tips untuk membuat pelanggan Anda semakin loyal dan bahkan bisa menjadi dita produk Anda:
1. Jadilah penjual yang cepat tanggap
    Jika pelanggan Anda membutuhkan informasi yang cepat tentang produk tertentu, maka segera mungkin berikan jawaban kepada pelanggan. Karena sebuah penelitian di Inggris mengatakan 25% pengguna media sosial membutuhkan jawaban di bawah satu jam sebelum dia beralih ke tempat lain. Sementara 6% membutuhkan jawaban di bawah 10 menit.


Tips Mengubah Pelanggan Online Jadi Duta Bisnis



2. Konsisten
    Jawablah pertanyaan pelanggan-pelanggan Anda lewat jalur yang sama. Maksudnya ketika mereka bertanya lewat Facebook, jawablah juga lewat media yang sama. Menggunakan jalur yang berbeda akan membuat pelanggan bingung dan akhirnya tidak merasa puas.


3. Tampil ke permukaan
    Mengirim pesan lewat Facebook atau Twitter memang baik, tetapi ketika itu menyangkut hubungan dengan pelanggan sebaiknya Anda membuatnya setransparan mungkin. Misalnya dengan berkomunikasi dengan pelanggan Anda di Facebook lewat wall dan komentar.


Tips Mengubah Pelanggan Online Jadi Duta Bisnis

4. Lebih Manusiawi
    Berkomunikasilah dengan pelanggan Anda dengan sentuhan yang manusiawi, sama seperti Anda berbicara dengan orang lain secara langsung, dengan rileks dan santai. Misalnya dengan memposting komentar di wall pelanggan Anda dengan santai dan canda. Dengan demikian pelanggan Anda akan merasa diperhatikan dan menjadi prioritas.


5. Terorganisasi
    Jika Anda mempunyai perusahaan yang besar, cobalah untuk menggunakan beragam media sosial. Tetapi untuk itu dituntut sumber daya manusia yang banyak dan terorganisasi. Misalnya apa yang Anda sampaikan di Facebook harus sama dengan yang disampaikan di Twitter.

No comments:

Post a Comment