KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Tuesday, July 30, 2013

Cara Jitu Menigkatkan Sales di Social Media

Cara Jitu Menigkatkan Sales di Social Media

    Social Media adalah Channel baru dalam dunia marketing, di erra baru ini Social media sudah menjadi senjata membangun Brand oleh Marketer dan lahan promosi yang sangat menarik.
    Maka ini adalah sebuah tanangan buat para brand khususnya marketer. Social media yang dinamis dan horizontal membuat pola marketing berubah. Konsumen sudah dapat memilih brand yang baik untuk mereka. Konsumen juga sudah dapat memberikan komentar terhadap brand secara spontan dan dapat dilihat oleh khalayak. Jadi hal yang sangat penting untuk brand terjun ke channel social media dengan selau update pasar, kreatif dan lebih manusiawi, serta dapat memenuhi keinginan konsumen dengan tepat.
    Tantangan sekarang adalah bagaimana meningkatkan sales di Social Media. Karena sifat Social media adalah conversation secara horisontal maka agak sedikit sulit untuk dapat terlihat langsung bahwa program dan action di ranah social media memberikan impact kepada sales sebuah brand.

Berikut cara jitu meningkatkan sales di media social:

1. Social Media Meningkatkan Sales Secara Tidak Langsung

    Social Media meningkatkan sales secara tidak langsung adalah sesuatu kegiatan sebuah brand si social media tetapi hanya meningkatkan Brand awareness sebuah produk dan membangun percakapan positif tentang brand di social media sehingga point-point diatas dapat mengingkatkan penjualan yang dilakukan di toko-toko atau showroom brand tersebut.
Adapun cara untuk meningkatkan sales secara tidak langsung adalah sebagai berikut:
    1). Menciptakan informasi produk yang lengkap dan menarik di social mdia. Karena informasi yang lengkap dan menarik dapat menjadikan "Brand Switching" dengan terjadinya Brand Switching maka secara tidak langsung konsumen yang akan membeli produk pesaing akan beralih membeli produk kita sebab merasa puas dengan informasi produk yang lengkap dan menarik.


Cara Jitu Menigkatkan Sales di Social Media

    2). Menciptakan WOMM di social media yang bertujuan agar brand kita diperbincangkan oleh kosumen, diharapkan dengan perbincangan yan gpositif di social media maka diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian produk di toko karena impact dari WOMM adalah rekomendasi. Karena beberapa dat menyebutkan bahwa yang mempengaruhi pembelian terbesar adalah "rekomendasi teman".
    3). Membuat activation di social media yang bertujuan untuk membangun awareness brand tersebut di social media. Hal ini sudah terbukti dengan adanya brand minuman yang setelah melakukan activation di online sehingga penjualan produknya naik secara signifikan.


2. Meningkatkan sales di Social Media Secara Langsung

    Meningkatkan sales di social media secara langsung adalah bagaimana kita membuat program disocial media yang bertujuan meningkatkan saled secara nyata. Dan akan terlihat dampaknya langsung dari program yang kita jalankan.
Adapun cara utnuk meningkatkan sales secara langsung adalah sebagai berikut:
    1). Program Member Card Online: ini adalah prigram yang dibuat untuk meningkatkan sales secara langsung melalui layanan Member card, konsumen yang membeli produk dengan menggunakan member card online dapat reward yang lebih dibandingkan dengan konsumen yang membeli secara langsung di toko retail. Hal ini dapat meningkatkan sales secara langsung. Dalam program ini yang harus diperhatikan adalah kemudahan dalam memberlakukan system ini kepada konsumen, apabila program ini dapat berjalan baik maka program member card online ini dapat dilakukan dalam jangka panjang.
    2). Membuat Toko Online: Jelas aktifitas ini meningkatkan sales secara online karana konsumen dapat langsung melihat produk dan langsung memesan produk yang diinginkan. Syarat brand untuk membuat toko online ini harus dibangun dengan system yang detail dan mudah sehingga layanan kepada konsumen akan tetap terjaga. Karena apabila system yang belum kuat akan menjadi bumerang terhadap brand itu sendiri.


Cara Jitu Menigkatkan Sales di Social Media

    3). Program shocking Deal: program ini adalah sebuah program yang dilakukan di media online dengan membuat program discount untuk produk tertentu tetapi dalam jangka pendek sehingga akan membuat penasaran konsumen. Key Performance Indikatornya salah demand konsumen untuk mengorder produk di program online ini, hal ini jelas akan meningkatkan sales secara langsung.

No comments:

Post a Comment