KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Friday, July 19, 2013

Cara Promosi Toko Online dengan Konsep Psikologi

Cara Promosi Toko Online dengan  Konsep Psikologi

Strategi pemasaran yang menyasar pada sisi psikologis manusia terbukti efektif, beikut 8 konsep yang dapat diaplikasikan oleh pemilik toko online sebagai strategi pemasaran:

KELANGKAAN
Ketakutan tidak mendapatkan sesuatu yang bagus menjadi sifat alami yang dimiliki oleh manusia. Apalagi jika suatu barang yang bagus kualitasnya langka, nilai barang tersebut akan semakin tinggi. Dua hal ini cukup banyak dimanfaatkan oleh pemilik toko online.
contohnya Penjual bisa melakukan konsep kelangkaan ini pada peringatan hari besar. Menjelang Lebaran, sebuah toko batik online memproduksi mukena batik. Untuk promosinya , penjual dapat mengatakan bahwa stoknya terbatas sehingga pembeli yang paling cepat melakukan transaksi, ia akan mendapatkan mukena batik tersebut. Walaupun hal ini dapat membuat pembeli lebih cepat melakukan transaksi dan akhirnya penasaran, penjual harus hati-hati. Sebaiknya tidak perlu terlalu sering jika memang stoknya yang tersedia hanya sedikit.


Cara Promosi Toko Online dengan  Konsep Psikologi

VERBATIM EFFECT
Verbatim effect adalah kondisi umun yang dialami manusia di mana ia tidak akan mengingat secara detai setiap informasi yang ia temukan, tapi ia mengingat garis besarnya. Manusia akan selalu mengingat garis merahnya atau headline-nya. Jadi pemilik toko online harus bisa mengimpletasikan ketika membuat kalimat untuk mengumumkan penyelenggaraan sebuah promo.

RECENCY ILLUSION

Konsep Recency illusion mendefinisikan kondisi manusia yang memperhatikan secara terus-menerus tentang suatu hal setelah mengetahui hal tersebut pertama kali. Manusian akan merasa dipertemukan selalu dengan hal tersebut kemana pun dia pergi. Hal ini sebenarnya dipengaruhi oleh psikologis manusia dari yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.
Menjadikan produk atau toko online sebagai top of mind pembeli memerlukan beberapa tahap dan proses. Di samping itu penjual berusaha agar toko online-nya dikenal luas oleh masyarakat.

KOMITMEN

Tidak ada manusia yang senang dibohongi oleh orang yang suka berjanji kepadanya. hal ini pun berklaku pada pembeli di toko online. Penjual sebaiknya selalu memenuhi setiap janji atau jaminan yang ia katakan kepada pembeli.
Misalnya, jika penjual mengadakan promo dengan membebaskan ongkos kirim, ia harus memenuhinya. Atau, penjual mengumumkan di halaman utama toko online-nya bahwa ia akan melayani pemesanan pembeli secara cepat (fast response). Maka, ia harus betul-betul melakukan itu.
Selain menghindari kekecewaan pembeli, berkomitmen terhadap janji yang sudah diungkap dapat membuat pembeli semakin yakin dan percaya bahwa toko online yang ia datangi adalah salah satu toko online yang terbaik.

DISUKAI
Jika manusia tertarik dan menyukaiseseorang atau suatu hal, ia lebih mudah membuka dirinya dan berinteraksi dengan atau prduk tersebut. Pemilik toko online dapat memanfaatkan hal ini dengan berusaha membuat tokonya disukai oleh pembeli. misalnya mendesain toko online-nya yang unik dan menarik, sehinggga sistem pelayanan toko online dapat menyengkan hati pembeli.


Cara Promosi Toko Online dengan  Konsep Psikologi



WIBAWA (AUTHIRITY)
Secara natural manusia mudah patuh terhadap perkataan atau perintah dari orang yang ia segani atau kagumi. Oleh karena itu, penjual dapat membangun wibawa atau kredibilitas dengan memberikan layanan premium kepada setiap pelanggannya.
Jika pembeli sudah menganggap penjual adalah seseorang yang memang bisa diandalkan, ia akan lebih mudah menerima dan mengolah setiap informasi yang diberikan oleh penjual. Termasuk ketika penjual menginformasikan promo atau produk terbaru.
Selain membangun wibawa secara mandiri, penjual juga dapat mengajak tokoh masyarakat bekerja sama untuk ikut mempromosikan barang dagangannya. Tokoh masyarakat (baik selebritis, maupun orang yang ahli di bidang tertentu) memiliki authority yang kuat. Kepercayaan yang dimiliki penggemarnya dapat dinilai tinggi. Sehingga, penjual dapat menggunakannya untuk menggapai pasar yang lebih luas dan efektif. Tokoh masyarakat tersebut bisa menjadi buzzer.

TIMBAL BALIK

Dalam sebuah hubungan antara dua manusia, seseorang cenderung akan melakukan sesuatu yang serupa dengan apa yang dilakukan oleh pihak lainnya. Jika A memberikan X, maka B cenderung akan memberikan X atau X1. Maksudnya, B akan memberikan hal yang sama persis dengan apa yang A berikan atau hal yang masih ada kaitannya dengan X.
Jika ini diimplementasikan dalam kegiatan berjualan online, penjual dapat memberikan suatu barang secara gratis. Dengan tujuan, pembeli akan memberikan suatu timbal balik, seperti loyalitas. Penjual dapat memberikan hadiah-hadiah kecil seperti suvenir, sample produk paling baru, atau e-book.
Selain itu, penjual juga bisa memberikan tanda terima kasih berupa kartu ucapan yang unik. Agar lebih ‘menyentuh’, sebaiknya penjual mendesain sendiri atau bahkan menuliskan kata-katanya dengan tangan sendiri. Dengan ada tanda terima kasih ini, hubungan personal antara penjual dan pembeli akan semakin kuat dan akan berujung pada loyalitas pelanggan.

SOCIAL PROOF

Secara psikologis, orang akan lebih mudah memerhatikan suatu hal jika sebagian besar orang-orang yang ada di sekitarnya membicarakan hal tersebut. Media sosial dapat berperan besar di sini. Jika produk yang dijual berkualitas bagus, pembeli pun tidak akan malas untuk memberikan komentarnya terhadap produk tersebut. Penjual dapat memanfaatkan hal ini dengan menggunakan media sosial. Misalnya, meminta pembeli untuk berkomentar di Twitter dengan me-mention akun toko online atau hashtag tertentu.

No comments:

Post a Comment