KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Saturday, July 27, 2013

Tips Aman Berbelanja Via Online

Tips Aman Berbelanja Via Online

    Seiring dengan berkembangnya bisnis melalui layanan internet, meningkatkan angka belanja masyarakat melalui via online. Adanya situs-situs internet yang menawarkan berbagai macam produk mauoun jasa memberikan kemudahan kepada banyak orang untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dengan cara yang mudah. Tanpa harus menghabiskan waktu untuk terjun langsung mencari barnag yang kita cari, belanja via online hanya perlu membuka internet kemudian memilih dan order barang yang Anda sukai maka setelah pembayaran barang akan dikirim ke rumah Anda langsung. Cara ini banyak memberikan kemudahan dan keutungan bagi para konsumen, karena jarak antara penjual dan pembeli tidak dipermasalahkan lagi. Misal orang papua yan ingin membeli batik Jogja pun dapat dengan mudah mendapatkannya tanpa harus datang langsung ke Jogja.
    Namun dibalik kemudahan dan keuntungan yang dimiliki, belanja via online jg memiliki banyak resiko. Fasilitas tersebut sering disalahgunakan orang – orang yang tak bertangggung jawab, tak sedikit konsumen yang pernah tertipu layanan belanja via internet, oleh karena itu kita harus teliti dalam memilih situs – situs yang menyediakan layanan belanja via online. Akibatnya bisa membuat orang trauma, dan dapat memberikan citra negatif tentang layanan belanja online.
    Jika Anda termasuk orang yang suka menggunakan layanan belanja online, berikut kami berikan beberapa tips aman belalanja via online:

Pilih situs yan jelas
    Langkah pertama Jika Anda berbelanja online adalah Anda harus memilih situs yang terpercaya. Biasanya memberikan alamat ataupun menyertakan contact person yang dapat dihubungi langsung oleh konsumen. Salah satu ciri situs yang aman, salah satunya adalah alamat "https:/". Jika ada "s" berarti situs tersebut bisa dikategorikan cukup aman. Tanda "s" ini tak akan muncul sampai Anda mengakses halaman order barang dalam situs.

Ulasan produk

    Proses selanjutnya adalah memilih produk yang akan dibeli secara jeli, baik dari segi kualitasnya. Bandingkan harga yang dipasang dengan harga pasaran toko, lihat juga peraturan yang ada, misalnya barang pesanan yang diterima cacat apakah dapat ditukar dengan barang yang baru.


Tips Aman Berbelanja Via Online


Jaga data diri
    Jangan terlalu mudah memberikan data pribadi Anda pada situs-situs yang ada. Seperti KTP, SIM, kartu kredit, rekening, dan no HP Anda. Tulislah informasi secukupnya saja yang dianggap masih berhubungan seperti nama dan alamat Anda. Karena sering terjadi pencurian data diri melalui internet untuk modus kejahatan.

Password
    Beberapa situs ada yang mengharuskan memakai password, gunakan password yang berbeda setiap melakukan transaksi hal ini untuk mengantisipasi bocornya informasi pribadi Anda.

Pembayaran
    Dalam transakasi belanja online biasanya akan ditawarkan berbagai cara, seperti via kartu kredit, paypal, transfer langsung via bank.Jika Anda belum berpengalaman lebih baik menggunakan transferan langsung. Sekarang ini cara yang kurang aman adalah dengan Kartu kredit.




Tips Aman Berbelanja Via Online


Pngiriman
Barang akan datang dalam waktu tertentu setelah pembayaran diselesaikan. Perhatikan layanan yang dijanjikan produsen dalam menangani kendala jarak atau masalah pembayaran dan pengantaran barang. Untuk berjaga-jaga, print halaman situs yang menginformasikan semua hal mengenai pesanan Anda seperti harga barang, informasi produk atau nomor pesanan dan kebijakan keamanan perusahaan.

No comments:

Post a Comment