KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Wednesday, July 24, 2013

Cara menghindari penipuan Bisnis Online

Cara menghindari Penipuan Bisnis Online

    Bisnis online merupakan salah satu peluang bisnis yang banyak memberika keuntungan besar bagi para pelakunya. Mudahnya menjalankan bisnis online ternyata juga memberikan peluang bagi para oknum yang tidak bertanggung jawab utnuk melakukan kecurangan seta penipuan-penipuan dalam bisnis online.
    Bisnis melalui dunia maya memang sangat rawan dengan penipuan. Hanya bermodalkan jaringan internet, semua orang sapat menggunakan website, blog maupun situs jejaring social untuk menjalankan bisnis online mereka. Bagi oknum yang tidak bertanggung jawab, mereka memanfaatkan kemudahan registrasi data pemilik website, blog maupun situs jejaring social yang dapat dipalsukan, jadi jejak kejahatan mereka sulit untuk ditemukan.

Berikut beberapa contoh modus penipuan yang sering ditemui para pelaku bisnis online seta cara mangatasinya:

1. Jangan mudah terbujuk permintaan konsumen yang memesan dalam jumlah yang banyak namun hanya membayarkan uang muka telebih dahulu, mereka minta barang segera dikirim dan akan melunasinya setelah barang sampai di tangan konsumen. Jangan pernah melakukan hal ini, karena banyak yang terkena tipu setelah membayar DP dan menerima barang, mereka langsung kabur tanpa jejak, lebih baik minta konsumen untuk melunasi terlebih dahulu, baru kemudian barang dikirim.


Cara menghindari penipuan Bisnis Online


2. Modus penipuan yang sering menjadi resiko pelaku bisnis online yaitu mendapatkan konsumen yang mengaku sudah mentransfer dana untuk pemesanan barang tetapi ternyata uang tersebut belum masuk ke rekening bisnis Anda. Untuk menghindarinya gunakan sistem yang mewajibkan konsumen untuk mencantumkan bukti pembayaran yang telah mereka lakukan. Cek terlebih dahulu dana tersebut di rekening Anda, kirimkan barang pesanan mereka setelah memperoleh kesesuaian bukti dengan dana yang masuk ke rekening Anda.

3. Waspadai pula penyewaan hosting maupun domain yang ada di internet. Untuk menjalankan bisnis online, sebaiknya Anda berhati-hati untuk memilih situs yang menyewakan hosting dan domain. Karena ada beberapa situs yang menipu dana perpanjangan penyewaan sudah Anda transfer, tapi hosting atau domain yang Anda gunakan untuk menjalankan bisnis belum diperpanjang.Untuk itu Anda sebaiknya lebih teliti dalam menjalin kerjasama, pastikan pilih yang sudah memiliki reputasi cukup bagus di dunia online. Teliti terlebih dahulu alamat website lengkapnya melalui google, lihat pula respon konsumen yang ada di website tersebut sebagai bahan pertimbangan Anda memilih webhosting.


 Cara menghindari penipuan Bisnis Online


    Dan hal yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya Anda memiliki pengetahuan yang cukup baik mengenai bahaya penipuan melalui internet. Dengan demikian aka membantu Anda untuk menemukan cara yang tepat untuk menghindari penipuan bisnis online.

No comments:

Post a Comment