KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Tuesday, July 23, 2013

3 Kriteria Bisnis Plan Yang Sukses

3 Kriteria Bisnis Plan Yang Sukses
 
Untuk memulai suatu bisnis yang baik, bisnis plan sangat bermanfaat bagi Anda. Salah satu manfaatnya, dengan adanya bisnis plan dapat membuat Anda mengetahui gambaran keseluruhan proses bisnis Anda, serta berguna untuk mejaga bisnis Anda tetap dalam visi dan misinya.

Ada 3 kriteria yang harus diperhatikan agar mencapai bisnis plan yang sukses.

1. Sederhana, tapi tetap teliti


Bisnis plan yang baik adalah bisnis plan yang menuliskan karakteristik perusahaan, sampai detil-detilnya dalam bisnis Anda seperti merek dagang dan hak paten.
untuk membuatnya,ada beberapa hal yang Anda harus dituliskan, seperti:
    * Jelaskan bisnis Anda
    * Jelaskan lingkungan kompetitif produk/jasa Anda
    * Jelaskan produk/jasa yang Anda tawarkan
    * Jelaskan bagaimana bisnis Anda mendapatkan uang
    * Jelaskan bagaimana memasarkan bisnis Anda
    * Jelaskan bagaimana Anda menghasilkan produk tersebut
    * Jelaskan tentang manajemen bisnis Anda (tim besar atau tim kecil)
    * Jelaskan proyeksi keuangan Anda. Mulai dari berapa uang yang Anda     butuhkan sampai berapa keuntungan yang akan Anda hasilkan nanti.
Hal-hal ini yang dapat membuat bisnis plan Anda tetap sederhana tetapi sangat imformatif. Bisnis plan selain untuk mencari investor, juga berguna agar Anda menuntun langkah Anda sendiri.


3 Kriteria Bisnis Plan Yang Sukses


2. Buatlah dengan sederhana dan singkat

Bisnis plan tidak harus diisi dengan segala sesuatu yang Anda inginkan dalam bisnis Anda. Tetapi buatlah ringkasan atas semuanya.
Barbara Findlay Schenck, penulis Business Plans Kit For Dummies pernah berkata “orang berpikir bahwa bisnis plan harus berlembar-lembar seperti puisi. Dan itu salah karena di dunia nyata itu tidak terjadi”. Dari kutipan tersebut dapat Anda simpulkan bahwa Anda hanya membutuhkan selembar kertas untuk menuliskan hal-hal penting dalam bisnis Anda. Karena dokumen-dokumen yang panjang hanya membuat proyeksi data yang intens dan itu akan menjadi beban perusahaan anda sendiri. Serta hal itu dapat menerapkan harapan yang tidak realistis bagi investor.

3. Keunikan berbicara Volume


Bisnis plan harus bisa mencerminkan usaha bisnis yang diusulkan. Jadi apapun yang masuk kedalamnya, harus bisa menggambarkan proporsi dari bisnis tersebut. Ketika menulisnya, Anda harus memperhatikan siapa target Anda. Jika bisnis plan tersebut adalah dokumen internal (berguna untuk meningkatkan kinerja dan pertumbuhan perusahaan Anda), maka Anda harus menekankan informasi internal seperti memperkerjakan partner yang penting. Sedangkan jika bisnis plan adalah dokumen external, maka Anda harus menuliskan semua informasi sekreatif mungkin agar investor tertarik.


3 Kriteria Bisnis Plan Yang Sukses


Sangat penting bagi Anda sang pendiri untuk berpikir tentang tujuan bisnis,apa yang Anda jual, siapa audiens Anda, dan bagaiman hal itu akan menghasilkan uang. bisnis Anda harus unik dan layak mendapatkan perhatian khusus ketika menyusun rencana untuk sukses. Membuat penilaian yang adil, serta perencanaan yang sesuai, akan memastikan bahwa bisnis plan Anda cukup stabil untuk meningkatkan bisnis Anda.
Jika anda baru mau memulai bisnis Anda, Anda harus mempelajari tentang bisnis yang Anda ingin buat terlebih dahulu sebelum beralih ke dalam pembuatan bisnis plan. Karena, jika anda membuat bisnis plan tanpa mengerti tentang keseluruhan bisnis anda, maka bisnis plan anda tidak akan berjalan dengan baik.

No comments:

Post a Comment