KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Saturday, July 20, 2013

8 Google Business Tools Gratisan yang Jarang Diketahui Orang

8 Google Business Tools Gratisan yang Jarang Diketahui Orang

Tidak banyak orang yang paham bahwa Google sesungguhnya lebih dari sekedar search engine. Google Maps, Google Analytics, dan Gmail sudah dikenal luas oleh para pengguna internet, terutama pebisnis online. Sayangnya, masih banyak tools Google lain yang sangat signifikan untuk menjalankan sebuah bisnis namun tidak banyak diketahui oleh para pebisnis online.

Pendiri Web Ad.vantage Hollis Thomases menyebutkan delapan tools milik Google yang sangat penting untuk berbisnis, namun jarang diketahui oleh orang banyak.

Google Trends

 
Tools ini memberikan informasi tentang terminologi atau istilah yang sedang ramai dibahas di masyarakat. Kata-kata kunci yang banyak dicari atau dibicarakan para pengguna internet tercatat dalam Google Trends. Fungsinya bagi pebisnis adalah sebagai pedoman penggunaan bahasa saat pebisnis hendak melakukan pemasaran. Selain itu, pebisnis dapat menggunakan istilah-istilah yang dapat manaikkan rating search engine ketika mengisi konten di media sosial atau website bisnisnya.


8 Google Business Tools Gratisan yang Jarang Diketahui Orang




GoMo

 
GoMo (Google Mobile) adalah tools yang bisa membantu pebisnis dalam menciptkan mobile site.GoMo juga memberikan analisa tentang konten mana saja yang sesuai dan tidak sesui untuk dimuat dalam mobile site.Selain itu mobile site dari sebuah situs bisnis bisa dibuat hanya dalam hitungan menit.
Riset membuktikan bahwa 67% konsumen mengaku lebih terdorong melakukan pembelian jika seller memiliki situd versi ponsel atau mobile site. Maka penting bagi bisnis untuk mengembangkan pangsa pasar melalui mobile site yang dapat diakses dari ponsel.




Google Apps for Business

 
Hampir serupa dengan Microsoft Office, tools inii memungkinkan pebisnis menjlankan pekerjaan sehari-harinya menggunakan software secara online. Pebisnis dikenakan biaya 5 USD per bulan, tergantung fitur-fitur apa aj yang dipakainya.



Truusted Store

 
Trusted Stores membantu para pebisnis yang bergerak di bidang online shopping. Banyaknya penipuan yang terjadi akibat toko online palsu membuat konsumen enggan melakukan pembelian secara online. Google’s Trusted Stores memberikan kenyamanan bagi para konsumen sebab membantu meminimalisir kekhawatiran akan penipuan online. Sebuah toko online akan “diaudit” melalui serangkaian tes. Jika toko online itu dinyatakan lolos tes oleh tools ini, toko tersebut akan mendapatkan sertifikasi berupa badge dari Google’s Trusted Stores.


8 Google Business Tools Gratisan yang Jarang Diketahui Orang


Get Your Business Online

 
Walaupun dijalankan secara offline, bisnis tetap membutuhkan website untuk pemasaran yang efektif kepada konsumen. Dengan kata lain, bisnis apapun harus memiliki website untuk mempermudah para konsumen memperoleh informasi produk.
Get Your Business Online memungkinkan para pebisnis untuk memiliki website bisnis dalam hitungan menit. Tools ini membantu pebisnis dalam menciptakan website, mendaftarkan nama domain, dan hosting secara gratis selama satu tahun. Selain itu, tools ini menyediakan banyak sumber referensi yang berisi panduan-panduan mengembangkan bisnis yang baru berdiri.



Google+ Hangouts

 
Google+ Hangout membantu pebisnis dnegan fitur live video chat. Pebisnis dapat melakukan teleconference atau rapat secara online dengan para staf lewat Tools ini. Selain itu, pebisnis bisa bertanya jawab dan berinteraksi dengan para konsumen atau calon buyer lewat tools ini.





YouTube’s My Business Story

 
YouTube’s My Business Story memudahkan pebisnis untuk membuat video berkualitas hanya dengan beberapa kali klik. Pebisnis hanya perlu membuat akun di YouTube dan mengunggah beberapa video pendek dan foto tentang bisnisnya. Setelah itu, YouTube’s My Business Story akan memberikan petunjuk melalui template-template untuk menambahkan grafik dan musik dalam video.



Think with Google

 
Mengembangkan sebuah bisnis membutuhkan data atau riset agar bisnis dapat diarahkan sesuai dengan kebutuhan dan segmentasi pasar. Think with Google merupakan sebuah ensiklopedi tentang bisnis dan pemasaran yang menyajikan informasi mengenai tren-tren yang merebak di kalangan konsumen, pendekatan-pendekatan marketing, studi kasus tentang bisnis, dan riset perusahaan.

No comments:

Post a Comment