KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Saturday, July 27, 2013

5 Faktor Penentu Popularitas Sebuah Merek Bisnis Online

5 Faktor Penentu Popularitas  Merek Bisnis Online

Upaya memasarkan merek produk, dikenal juga dengan sebutan branding, ini adalah hal yang paling penting bagi sebuah bisnis online yang baru didirikan. Keuntungan tidak semata-mata ditentukan dari besarnya selisih harga jual dan harga beli sebuah produk, melainkan juga dipengaruhi oleh seberapa terkenalanya sebuah merek produk online di kalangan buyer.

Berikut 5 faktor penting yang menentukan keberhasilan branding sebuah merek produk:

1. Nama merek
Bahan baku utama dalam branding adalah nama merek. Nama merek tersebut akan disebarluaskan di manapun dan kapanpun. Dalam bisnis online, nama merek yang baik adalah merek yang dapat ditelusuri dengan mudah melalui search engine. Selain menarik, nama merek harus mudah diingat, ear-catchy, unik dan mencerminkan karakteristik bisnis online yang dijalani seller.


5 Faktor Penentu Popularitas Merek Bisnis Online



2. Komunikasi dua arah
Sebuah merek produksi bisnis online akan diingat oleh buyer apabila mampu menjalin komunikasi dua arah melalui media online seperti situs dan media sosial. Seller harus mampu mempertahankan nama baik merek bisnisnya dengan cara berkomunikasi secara intens melalui media online, bahkan ketika transaksi telah berakhir. Melalui media sosial, bangunlah silaturahmi dengan buyer yang pernah bertransaksi sebelumnya agar ia melakukan repeat order. Semakin banyak repeat order yang diterima seller, semakin kuat merek produknya dikalangan buyer.

3. Logo
Logo juga memainkan peran penting dalam branding sebuah merek produk sebab akan muncul dalam situs dan akun-akun media sosial seller. Logo yang baik harud merepresentasikan citra bisnis seller secara visual. Seller harus jeli dalam menentukan logo sehhhingga membentuk brand awareness yang kuat di kalangan buyer. Buyer mengenali sebuah merek bisnis begitu mereka melihat sebuah logo. Secara otomatis, buyer akan mengasosiasikan sebuah lambang atau gambar dengan merek tertentu. kesan seperti inilah yang harus diciptakan seller melalui logo bisnisnya.


5 Faktor Penentu Popularitas Merek Bisnis Online



4. Pencitraan merek
Pencitraan merek yaitu kesan seperti apa yang ingin dibentuk seller jika buyer bertransaksi dengannya. Jika ingin menciptakan citra seller yang bersahabat dan terpercaya, harusnya seller menjalin komunikasi yang intens dnegan para buyer. Misalnya dengan menanggapi setiap pertanyaan dan keluhan yang disampaikan buyer melalui media sosial.

5. Slogan atau Tagline
Slogan atau tagline merupakan ringksan dari visi dan misi seller menjalankan bisnisnya. Apa yang menjadi tujuan seller berbisnis disampaikan melalui Tagline. Tagline yang bagus biasanya singkat, representatif, unik, dan mampu menimbulkan kesan pertama yang baik di mata buyer.

No comments:

Post a Comment