KLIK DI SINI!

KLIK DI SINI!
KLIK DI SINI!

Wednesday, July 31, 2013

6 Kesalahan keuangan Wirausaha Muda

6 Kesalahan keuangan Wirausaha Muda

    Sebagai pengusaha muda, wajar juka masih dalam tahap belajar dan membuat kesalahan. Namun, siapa pun pasti tak akan senang apabila kesalahan tersebut menyangkut masalah keuangan. Misalnya, mencampuradukkan dana pribadi dan bisnis selain itu Anda juga tidak dapat menyediakan catatan pengeluaran yang jelas ketika dilakukan audit.

    Ada 6 Kesalahan pengolahan keuangn yang biasa dilakukan wirausaha muda yang perlu Anda ketahui agar dapat menemukan strategi untuk menghindarinya.

1. Mencampurkan aset bisnis dan pribadi
    Entah itu menjamin pinjaman secara pribasi atau meminta orangtua Anda membeli rumah kedua, meningkatkan aset pribadi utnuk tujuan bisnis tidak akan baik bagi kondisi keuangan pribadi. Hal ini dikarenakan, ketika bisnis Anda menurun, para kreditor bisa saja mengejar aset pribadi Anda.
    "Anda seharusnya hanya menggunakan jaminan dari bisnis. Jadi, ketika bisnis Anda merosot, Anda tidak bertanggung jawab secara pribadi terhadap pinjaman tersebut," kata Lynn Mayabb, senior managing advisor BKD Wealth Advisors di Kansas City.


6 Kesalahan keuangan Wirausaha Muda


2. "Over' Investasi
    Banyak Wirausaha muda yang rela mengorek tabungannya, misalnya untuk menyewa kantor di tempat yang hip atau membeli peralatan mewah. Namun menghabiskan terlalu banyak untuk pengeluaran yang tidak penting-penting amat bisa mengikis keuangan pribadi Anda dengan cepat.
    Alexa von Tobel, pendiri CEO Learnvest.com, mengatakan, tabungan atau modal bisa habis sebelum Anda sempat memproduksi barang atau jasa untuk dijual. "Gunakan setiap uang yang Anda miliki untuk menciptakan produk yang baik dan tunjukan kepada pengguna. Kalau produk Anda tidak bagus, tidak ada harapan untuk maju."

3. Menggunakan kartu kredit peibadi untuk tujuan bisnis
    Akan sangat berisiko jika Anda bergantungan pada kartu kredit pribadi untuk membiayai usaha ketika bank tidak bersedia memberikan dana untuk Anda. Anda bisa saja tergoda untuk men-charge hal-hal yang tidak seharusnya pada kartu kredit pribadi. Mencampur tagihan bisnis dan pribadi bisa menimbulkan kekacauan organisasi. Jika bisnis Anda di audit, Anda tentu harus menyediakan catatan pengeluaran bisnis paling tidak tiga tahun ke belakang. Jadi, sebaiknya Anda membuat kartu kredit khusus untuk urusan bisnis, dan hanya digunakan untuk pengeluaran bisnis yang penting.

4. "Merampok" kas perusahaan
    Ketika berhasil melakukan penjualan yang hebat dalam dua atau tiga bulan, pengusaha muda biasanya akan menjadi kelewat percaya diri. Pengusaha yang belum berpengalaman kemudian akan mulai menghabiskan arus kas perusahaan tanpa pandang bulu. Contohnya, ketika membutuhkan mobil operasional, mereka akan membeli mobil-mobil terbaik, lalu menyadari bahwa pada beberapa bulan berikutnya ternyata tidak terjadi penjualan yang berarti.


6 Kesalahan keuangan Wirausaha Muda


5. Tidak menggaji diri sndiri
    pemilik bisnis muda cenderung menanamkan semua sumber daya ke dalam bisnis tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Sulit jika bisnisharus membiayai kehidupan pribadi Anda. Seperti karyawn yang lain, berikan gaji secukupnya untuk Anda sendiri untuk memastikan keuangan pribadi Anda tetap sehat dan terpisah dari bisnis. Namun, jangan mentang-mentang Anda pemilik bisnis lantas memberi gaji tinggi untuk Anda. Anda harus menyediakan cukup banyak dana untuk bisnis Adna supaya tetap dapat beroprasi dalam masa-masa sulit.

6. Tidak mempertimbangkan kemungkinan terburuk
    Kalangan muda sering berfikir mereka sangat berpotensi gagal. Akan tetapi, siapa pun bisa gagal dan Anda perlu membuat rencana setelah memprediksi kemungkinan terburuk. Buatlah sebuah rencana pengganti dan beberapa bentuk asuransi untuk mendukung bisnis ketika Anda tak mampu menjalankannya. Sebaiknya buatlah perjanjuian jual beli yang mengatur apa yang terjadi jika salah satu pemilik bisnis meninggal, dan biasanya mencakup komponen asuransi yang menyediakan dana apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada pemilik bisnis.

   

Cara Pantau Perkembangan Pesaing Bisnis

Cara Pantau Perkembangan Pesaing Bisnis

    Rasa penasaran terhadap strategi dan gerak langkah yang ditempuh oleh para pesaing bisnis Anda bukanlah isnting yang tidak wajar. Namun, hukum mencegah Anda utnuk memata-matai pesaing Anda hanya karena Anda menghendaki informasi lebih banyak mengenai perusahaan mereka. Namun, Anda dapat melakukan beberapa hal yang legal di mata hukum utnuk menggali lebih banyak informasi mengenai rencana dan langkah mereka.

1. Gali lebih banyak dari vendor
    Gunakan percakapan yang santai saat ingin bercakap-cakap untuk menggali informasi. Anda dapat menyelidiki dan mendapatkan informasi dari vendor Anda mengenai rencana yang dimiliki perusahaan lain.

2. Kunjungi pameran
    Jika ada pameran, kirimkanlah sejumlah orang untuk mengunjungi dan mengamati mereka. Biasanya para pegawai yang bertugas akan menceritakan rencana dan informasi ke depan untuk menarik para pelanggan.

3. Cermati lowongan kerja mereka
    Iklan lowongan pekerjaan yang dipublikasikan pesaing juga berperan dalam menunjukan arah perkembangan perusahaan mereka. Bisa jadi iru adalah saru potong gambar besar yang meuat strategi mereka.



Cara Pantau Perkembangan Pesaing Bisnis
 
4. Surat Kabar Lokal
    Bacalah surat kabar lokal yang memuat berita informasi atau pembaharuan mengenai pesaing Anda. Namun hanya akan mengetahui rencana yang akan segera dilaksanakan jadi jangan terlalu cepat berpuas diri.

5. Mengirim pembeli rahasia
    Pembeli rahasia bertindak layaknya agen rahasia. Beli produk mereka kemudian temukan kualitas dan informasi yang dibutuhkan. Mereka akan memberikan informasi dan penjelasan kepada konsumen.

6. Audiens jejaring sosial
    Banyak orang mendapatkan informasi detil dari audiens situs web pesaing Anda. Cobalah temukan dan dapatkan informasi menyeluruh yang Anda butuhkan.

7. Penyelidikan melalui Quora
    Jika Anda belum menjadi pengguna Quora, tampaknya kini Anda harus mencobanya. Quora memuat data yang lumayan lengkap. Mereka juga memiliki sejumlah file-file yang mereka akan berikan pada investor. Ini akan memberikan informasi mengenai langkah dan rencana mereka. Pertajam pengamatan Anda.


Cara Pantau Perkembangan Pesaing Bisnis


8. Periksa Slideshare
    Mereka mungkin lupa untuk menghapuskan Slideshare mereka. disitus Slideshare, kita biasanya akan menemukan data lengkap mengenai proyeksi, kalkulasi, dan data penting lainnya. Hal ini harus dimanfaatkan.

9. Kunjungi Linkedln
    Amati laman Linkedln. Di sini, mereka akan mempublikasikan kabar trbaru perusahaan, video pendek, informasi pra peluncuran produk, dan banyak data spesifikasi lainnya. Amati gerakan mereka dan gunakan informasi yang Anda miliki untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik lagi.

10. Penelitian ke situs web mereka
    Baca semua isi situd web mereka karena sebagian perusahaan sering menyebarluaskan petunjuk mengenai rencana dan visi mereka ke depan, dan ini dapat menjadi alat penunjuk mengenai arah gerakan mereka selanjutnya.

Tuesday, July 30, 2013

Cara Jitu Menigkatkan Sales di Social Media

Cara Jitu Menigkatkan Sales di Social Media

    Social Media adalah Channel baru dalam dunia marketing, di erra baru ini Social media sudah menjadi senjata membangun Brand oleh Marketer dan lahan promosi yang sangat menarik.
    Maka ini adalah sebuah tanangan buat para brand khususnya marketer. Social media yang dinamis dan horizontal membuat pola marketing berubah. Konsumen sudah dapat memilih brand yang baik untuk mereka. Konsumen juga sudah dapat memberikan komentar terhadap brand secara spontan dan dapat dilihat oleh khalayak. Jadi hal yang sangat penting untuk brand terjun ke channel social media dengan selau update pasar, kreatif dan lebih manusiawi, serta dapat memenuhi keinginan konsumen dengan tepat.
    Tantangan sekarang adalah bagaimana meningkatkan sales di Social Media. Karena sifat Social media adalah conversation secara horisontal maka agak sedikit sulit untuk dapat terlihat langsung bahwa program dan action di ranah social media memberikan impact kepada sales sebuah brand.

Berikut cara jitu meningkatkan sales di media social:

1. Social Media Meningkatkan Sales Secara Tidak Langsung

    Social Media meningkatkan sales secara tidak langsung adalah sesuatu kegiatan sebuah brand si social media tetapi hanya meningkatkan Brand awareness sebuah produk dan membangun percakapan positif tentang brand di social media sehingga point-point diatas dapat mengingkatkan penjualan yang dilakukan di toko-toko atau showroom brand tersebut.
Adapun cara untuk meningkatkan sales secara tidak langsung adalah sebagai berikut:
    1). Menciptakan informasi produk yang lengkap dan menarik di social mdia. Karena informasi yang lengkap dan menarik dapat menjadikan "Brand Switching" dengan terjadinya Brand Switching maka secara tidak langsung konsumen yang akan membeli produk pesaing akan beralih membeli produk kita sebab merasa puas dengan informasi produk yang lengkap dan menarik.


Cara Jitu Menigkatkan Sales di Social Media

    2). Menciptakan WOMM di social media yang bertujuan agar brand kita diperbincangkan oleh kosumen, diharapkan dengan perbincangan yan gpositif di social media maka diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian produk di toko karena impact dari WOMM adalah rekomendasi. Karena beberapa dat menyebutkan bahwa yang mempengaruhi pembelian terbesar adalah "rekomendasi teman".
    3). Membuat activation di social media yang bertujuan untuk membangun awareness brand tersebut di social media. Hal ini sudah terbukti dengan adanya brand minuman yang setelah melakukan activation di online sehingga penjualan produknya naik secara signifikan.


2. Meningkatkan sales di Social Media Secara Langsung

    Meningkatkan sales di social media secara langsung adalah bagaimana kita membuat program disocial media yang bertujuan meningkatkan saled secara nyata. Dan akan terlihat dampaknya langsung dari program yang kita jalankan.
Adapun cara utnuk meningkatkan sales secara langsung adalah sebagai berikut:
    1). Program Member Card Online: ini adalah prigram yang dibuat untuk meningkatkan sales secara langsung melalui layanan Member card, konsumen yang membeli produk dengan menggunakan member card online dapat reward yang lebih dibandingkan dengan konsumen yang membeli secara langsung di toko retail. Hal ini dapat meningkatkan sales secara langsung. Dalam program ini yang harus diperhatikan adalah kemudahan dalam memberlakukan system ini kepada konsumen, apabila program ini dapat berjalan baik maka program member card online ini dapat dilakukan dalam jangka panjang.
    2). Membuat Toko Online: Jelas aktifitas ini meningkatkan sales secara online karana konsumen dapat langsung melihat produk dan langsung memesan produk yang diinginkan. Syarat brand untuk membuat toko online ini harus dibangun dengan system yang detail dan mudah sehingga layanan kepada konsumen akan tetap terjaga. Karena apabila system yang belum kuat akan menjadi bumerang terhadap brand itu sendiri.


Cara Jitu Menigkatkan Sales di Social Media

    3). Program shocking Deal: program ini adalah sebuah program yang dilakukan di media online dengan membuat program discount untuk produk tertentu tetapi dalam jangka pendek sehingga akan membuat penasaran konsumen. Key Performance Indikatornya salah demand konsumen untuk mengorder produk di program online ini, hal ini jelas akan meningkatkan sales secara langsung.

Waspadai Jenis Penipuan Online di Social Media

Waspadai Jenis Penipuan Online di Social Media

    Di era serba difital seperti sekarang ini, penggunaan internet terus mengalami peningkatan di berbagai belahan dunia. Fenomena ini tentunya memberikan anginsegar bagi para pelaku bisnis online. Sebab, peluang pasarnya kini semakin terbuka lebar dan prospeknya semakin hari semakin bersinar terang. Namun, seiring dengan perkembangan bisnis online yang semakin menguntungkan para pelakunya, ancaman berbagai macam tindak kejahatan via dunia maya pun sekarng ini semakin sering terjadi di lingkungan masyarakat. Tidak sedikit jumlah konsumen yang mengalami penipuan online dengan berbagai modus kejahatan, baik dalam bentuk perampasan uang maupun kehilangan barang.
    Berikut kami informasikan beberapa jenis kejahatan via internet yang belakangan ini sering terjadi di kalangan masyarakat diantaranya:
1. Walmare
    Walmare merupakan program komputer yang mencari kelemahan dari suatu doftware untuk membobol atau merusak operating system maupun sebuah software yang diserang. Walmare bisa berupa virus, woem, trojan, horse, adware, browser hijacker, dsb.

 



Waspadai Jenis Penipuan Online di Social Media
 
2. Phising
    Modus kejahatan dilakukan dengan cara memancing pengguna internet untuk memberikan informasi data beserta kata sandi yang digunakan pada sebuah websote yang telah di defade (diubah tampilan halamannya). Sebagian besar penipuan phising membidik para pengguna layanan internet banking, agar data diri dan password milik pengguna internet bisa digunkan pelaku untuk berbelanja dengan kartu kredit atau rekening milik korban.

3. Spamming
    Spamming adlah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (email) yang tidak dikehandaki para konsumen. Kiriman email tersebut biasanya berisi tentang penipuan undian hadiah, atau modus orang-oang yang mengaku memiliki rekening di bank luar negeri dan membutuhkan netters untuk mencairkan uang mereka (dengan perjanjian bagi hasil).

4. Carding
    Yang dimaksud dengan carding adlah penipuan online yang dilajankan dengan modus berbelanja menggunakan nomor dan identitas karut kredit orang lain yang diperoleh secara illlegal ( misalnya saja memperoleh kartu identitas tersebut dengan cara mencuri data di internet). Menurut hasil penelitian, saat ini Indonesia menduduki rangking kedua setelah Negara Ukraina dengan jumlah pelaku carding (carder) terbanyak di dunia.


Waspadai Jenis Penipuan Online di Social Media



5. Cracking
    Penipuan Cracking sengaja dijalankan para pelaku untuk mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensitif lainnya untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri.

6. Hacking
    Hacking merupakan penipuan online yang dilaksanakan dengan cara menerobos program komputer milik orang lain. Biasanya para pelaku hacking atau yang biasa disebut seorang hacker senang mencari kelemahan musuh dan menerobos program orang lain untuk merusak maupun mencuri data-data penting yang tersimpan di program tersebut.

7. Defacing
    Kejahatan ini meliputi kegiatan mengubah halaman situs atau website pihak lain. Biasanya modus ini dilakukan para pelaku untuk menunjukan kemampuan mereka dalam membuat program, atau untuk mencuri data penting dan dijual kepada pihak lain dengan harga yang cukup fantatis.

Setelah membahas informasi penipuan online yang belakangan ini semakin marak di sekitar masyarakat, diharapkan para pelaku bisnis di internet maupun calon konsumennya bisa lebih berhati-hati dalam menjalankan segala transaksi online.

Monday, July 29, 2013

7 STRATEGI JARING KONSUMEN PERTAMA

7 STRATEGI JARING KONSUMEN PERTAMA

Mendapatkan pelanggan pertama merupakan saat yang sangat mengharukan bagi semua entrepreneur. Ini menjadi saat yang menentukan bagaimana Anda akan menjadi seorang pemimpin bisnis di masa depan. Tidak ada yang mudah saat Anda harus mendapatkan pelanggan pertama namun ada beberapa strategi utama yang bisa Anda terapkan.

1. Iklan Online
    Orang lebih suka mencari informasi secara online di perangkat bergerak mereka sekarang ini. Jadi berusahalah untuk membuat iklan online khusus dan menarik di sejumlah situs potensial seperti jejaring sosial (Facebook, Twitter). Anda perlu membuat website, halaman tersendiri di Facebook dan mungkin akun Twitter tersendiri sebagai media iklan interaktif.

2. Perluas Koneksi
    untuk sebuah perusahaan, memiliki jaringan/relasi bisnis yang luas merupakan sebuah keharusan. Anda dapat memperluas jaringan ini yang juga merupakan target potensial bisnis Anda, dengan berbagai cara. Tambahkan beberapa kenalan pribadi dalam daftar koneksi/relasi ini. Jangan lupa bahwa kenalan profesional Anda ini (misalnya para pebisnis, vendor, pemasok) dapat menjadi sebuah aset di masa depan. Bangun komunikasi dengan mereka dan beritahukan perkembangan bisnis Anda dengan mereka.



7 STRATEGI JARING KONSUMEN PERTAMA

3. Iklan Lokal
    Konsumen lokal juga membutuhkan informasi tentang perusahaan Anda. buatlah mereka tertarik membicarakan bisnis Anda dengan mengiklankan usaha Anda dalam lingkup lokal di papan iklan dan iklan radio. Orang akan cenderung bangga menggunakan produk dan layanan lokal. Testimoni mereka akan sangat berguna mempromosikan usaha Anda.

4. Website Interaktif
    Saat orang mulai mengetahui layanan Anda, seharusnya Anda mulai membuka akses ke situs segera. Dengan demikian, mereka akan lebih leluasa saat ingin menemukan informasi bisnis. buatlah website dengan lebih interaktif dan informatif. Anda perlu memberikan inforamsi lengkap pada pengunjung situs dan menarik mereka dengan sentuhan interakrif debaik di dunia nyata.

5. Kirimkan Surat Pribadi dan Tindak Lanjuti dengan Panggilan Telepon
    Anda memiliki daftar kontak. Kini saatnya menjelajahi lebih luas dan mendapatkan target potensial dengan mengirimi mereka surat perkenalan. Beritahukan pada mereka mengenai usaha yang tengah Anda rintis dan berikan penawaran istimewa. Telepon mereka satu per satu sebagai tindak lanjut sehingga Anda mengetaui reaksi mereka lebih cepat.


7 STRATEGI JARING KONSUMEN PERTAMA


6. Peluncuran Produk atau Layanan
    Saat semuanya siap, Anda harus membuat rencana yang terbaik tentang peluncuran produk atau layanan Anda. Undanglah orang, vendor, konsumen potensial dan pers untuk menyaksikan peluncuran usaha Anda. Dengan pers, maka akan membantu publikasi lebih tersebar luas.

    Kini Anda harus mencobanya satu per satu, atau mulai dengan salah satu atau sebagian langkah di atas yang Anda anggap sesuai dengan kondisi Anda sekarang. Lakukan dengan maksimal dan bersiaplah dengan kesuksesan di depan Anda
   

Pelajaran Dari 5 produk yang Booming di Indonesia

Pelajaran Dari 5 produk yang Booming di Indonesia

    Membuat sebuah produk/jasa agar menjadi booming hingga seluruh lapisan masyarakat tentu saja adalah PR setiap pengusaha.

Berikut 5 produk yang seakan-akan meledak di Indonesia dan tiba-tiba semua  orang membicarakannya, menggunakannya, seta secara tidak langsung mempromosikan produk-produk tersebut. Anda bisa belajar bagaiman astrategi mereka untuk membuat produknya booming dan melesat dalam kurun waktu yang lumayan singkat.

1. Dian Pelangi & Hijabers Community
    Dian Pelangi dan komunitasnya ini membawa angin segar di dunia fashion khusus untuk muslimah. Penampilan para muslimah yang cenderung kuno membuat Dian tergerak utnuk membatah hal tersebut dengan menciptakan desain baju dan kerudung muslimah yang variatif, modern, stylish namun diklaim tetap syar'i.
Namun, pebisnis muslimah tentu saja tidak bisa sendirian mengubah trend. Dia mengumpulkan teman-temanannya yang mempunyai tujuan yang sama dan berdirilah Hijabers Community.
Komunitas ini sangat berguna utnuk mendongkrak penjualan dan brand dari masing-masing anggotanya, yang kebanyakna akhirnya meluncurkan penjualan dan barang dari masing-masing anggotannya, yang kebanyakan akhirnya meluncurkan lini fashion muslim masing-masing. Mereka bergantian memakai baju hasil desain teman-teman sekomunitas dan memasang di blog mereka.
    Ketika nama Hijabers membumubugn tinggi dan mempunyai pengaruh cukup besar di lingkungan lainnya, tidak hanya komunitas itu yang terangkat tetapi juga brand fashion yang dimiliki oleh anggotanya.

pelajaran: Komunitas yang tept bisa menjadi dongkrak utnuk brand Anda. Kumpulkan teman-teman yang punya satu tujuan sama dan bergerakan bersama-sama mereka. Ini lebih baik daripada Anda harus menaikkan brand Anda sendirian.


Pelajaran Dari 5 produk yang Booming di Indonesia


3. Blackberry
    Sejak pertama kali diluncurkan, Blackbery menjadi booming. Menggunakan Blackberry sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang wah karena para selebriti Hollywood juga menggunakan ponsel tersebut untuk keperluan sehari-hari.
Selain itu, orang-oang mungkin sudah bosan dengan handphone Nokia, kemudian Blackberry muncul membawa terobosan baru yaitu smartphone yang berbasis keypad Qwerty. Disamping itu, Blackberry telah didukung oleh layanan dari operator seluler dan kemampuan konsumen yang memadai. Karena pada saat diluncurkan di Indonesia, pengguna ponsel di Indonesia sudah mencapai 200 juta pengguna.

Pelajaran: Think without the box! Keluarlah dari jalur yang digunakan kebanyakan orang. Bila orang berpikir tentang warna-warni, pikirlah tentang monokrom. Misalnya, buatlah angin segar bagi trend yang hanya itu-itu saja.

4. Android Operating System
    Sekarang ini ponsel dengan sistem operasi Android sudah sangat marak di Indonesia. Pada pertengahan 2012, jumlah pengguna Android meningkat 1500% dibandingkan akhir tahun 2011. Hal ini dipengaruhi faktor harga Android yang semakin murah. Ketika pertama kali muncul tahun 2010, harga Android ada di kisaran 6 juta.
    Ketika Android belum begitu marak, Nexian mengeluarkan ponsel berbasis Android pertamanya yang disebut Nexian Journey. Harganya wakru pertama kali diluncurkan sekitar 3 juta-an.
Akhirnya Nexian gencar mempromosikan produknya tersebut. Nexian Journey bisa dicicil dengan kartu kredit tertentu dengan nilai Rp 88.000,- per bulan selama setahun. Promo ini memicu peningkatan pengguna Android di Indonesia. Konsumen mulai melirik ponsel-pondel berbasis Android lainnya.

Pelajaran: Diskon gila-gilaan membuat konsumen akan tertarik mencoba, meskipun produk tersebut masih asing bagi mereka. Saat itu Android belum populer, harga smartphone-nya sangat mahal padahal konsumen butuh edukasi mengenai produk tersebut.


Pelajaran Dari 5 produk yang Booming di Indonesia


5. Rainbow Cake
    Kue berlapis-laois dengan warna yang menarik ini sempat sangat booming beberapa waktu lalu. Sebernatnya Rainbow cake hanyalah sejenis sponge cake biasa ayng dimodifikasi di bagian bentuk dan warna.
    Rainbow cake pertama kali diciptakan oleh seorang mahasiswi Amerika Serikat bernama Kaitlin Flannery. Kaitlin ingin memberi kejutan untuk sahabatnya yang berulang tahun. Sahabatnya tersebut sangat menyukai pelangi. Akhirnya dia membuat kue berlapis-lapis yang menciptakan pelangi ketika dipotong.
Kue buatannya itu ia pajang dalam blog pribadinya. Ternyata, kue buatan Kaitlin tersebut ramai dibicarakan orang-orang di social media. Sebuah acara televisi Amerika Serikat, Martha Stewart Show, akhirnya mengundang Kaitlin untuk memperagakan pembuatan rainbow cake tersebut. Kue itu akhirnya makin terkenal hingga sampai ke Indonesia.

Pelajaran: Sebelum mulai meluncurkan produk Anda, gunakan social media, blog, atau media lain utnuk mengetahui bagaimana reaksi pasar mengenai produk tersebut.

Sunday, July 28, 2013

KOMPONEN PENYUSUN KEPUASAN PELANGGAN

                KEPUASAN PELANGGAN

    Memastikan kepuasan pelanggan merupakan suatu standart minimum yang harus diupayakan setiap usaha karena kepuasan pelanggan itu adalah awal dari pelanggan yang loyal, bukan kunci utama. Pelanggan yang puas belum serta merta menjadi pelanggan yang loyal. Karena bisa jadi mereka mempunyai pengalaman memuaskan di tempat lain. Pelanggan yang puas masih sampai pada level tidak mempunyai keluhan atau masalah terhadap usaha kita.
    Meskipun kepuasan pelanggan hanya satu potongan puzzle dari terciptanya pelanggan yang loyal, kepuasan pelanggan itu sangat esensial. Apalah gunanya kita memberikan aneka ragam kejutan dan segala macam program untuk menjadikan pelanggan kita loyal, tetapi kita justru gagal memastikan kepuasan mereka secara day-to-day? Maka dari itu sangat penting memastikan kepuasan pelanggan kita. Untuk memastikannya kita perlu mengerti komponen apa saja yang menyusun pengalaman pelanggan secara keseluruhan dan bagaimana pelanggan menyusun komponen-komponen itu.
    Berikut 5 Komponen Penyusun Pengalaman Pelanggan (5P):
  
    PLACE
    Pelanggan memulai pengalamannya dengan komponen ini ketika mereka ingin membeli barang atau jasa kita. Mereka melakukan perjalanan menuju tempat kita. Lama atau cepat waktu tempuh, bagus atau buruk akses menuju tempat kita, jauh atau dekat jarak tempuh, dan mudah tidak menemukan tempat parkir mempengaruhi awal pelanggan. Setelah itu mereka akan memasuki tempat usaha kita. Kebersihan, desain interior maupun eksterior, kesejukan udara, suara-suara yang terdengar di tempat kita, semua itu menambah pengalaman para pelanggan kita.Jika dalam usaha online tampilan website misalnya akan menjadi pusat perhatian bagi pelanggan. Pelangan kita itu membentuk opni-opini tertentu tentang (tempat) usaha kita. Oleh karena itu pemilihan lokasi dan penataan tempat sangat penting dalam bisnis.


KEPUASAN PELANGGAN

  
    PRODUCT
    Kemudian pelanggan mulai mencari barang atau pelayanan yang hendak mereka beli. Mulai dari ada tidak produk yang mereka inginkan, packaging ( bagaimana jasa atau barang itu disajikan), ketersediaan pilihan, harga, sampai kualitas barang atau jasa itu akan dinilai oleh pelanggan, kemudian membentuk opini mereka tentang usaha kita. Begitu juga dalam usaha online, pelanggan juga akan mulai mencari barang yang mereka cari pada website kita. Gambar produk, model produk, warna produk, pelayanan yang di tawarkan pasti akan menjadi opini mereka.
  
    PROCESS
    Selama mereka berada di tempat kita dan mencari jasa yang mereka inginkan, tentu mereka akan terlibat dalam proses rangkaian tertentu untuk mendpatkan apa yang mereka inginkan. Mereka menjalani proses-proses seperti contoh dalam bisnis online, saat pelanggan tertarik dengan suatu produk kita kemudian mereka melakukan proses pemesanan, pembayaran, dan selanjutnya menunggu barang sampai dirumah mereka. Pelayanan, kemudahan, dan lama atau tidak barang yang mereka beli sampai ke rumah akan membentuk opini pelanggan terhapap usaha kita.
  
    PEOPLE
    Bila Place, Product dan process yang kita punya masih mempunyai beberapa kekurangan, People adalah andalan kita untuk menyempurnakan kekurangan-kekurangan itu. Kita memerlukan orang-orang yang sangat fokus kepada pelanggan untuk membantu usaha kita, karena people seharusnya menjadi pembada. Kompetitor kita bisa membuat tempat usahanya (website) jauh lebih baik, mereka juga bisa menyamai tempat usaha (website) kita, menjual barang dan jasa yang sama dengan kita atau mengembangkan proses yang serupa dengan kita. Tetapi paling tidak kita mempunyai orang -orang untuk bisa meyakinkan pelanggan agar tidak pindah pada usaha kompetitor. Dalam hal ini kita bisa membuat testimoni untuk meyakinkan pelanggan tentang usaha kita.
  
    PROBLEM
Bisnis tidak selamanya berjalan lancar. Pelayanan kita tak selalu bisa diterima baik oleh pelanggan. Problem adalah komponen pengunci dari keseluruhan pengalaman pelanggan. Bila pelanggan mengalami masalah, bagaimana kemampuan kita menyelesaikan masalah tersebut akan menciptkan penilaian bagi pelanggan dari penilaian rata-rata, sangat buruk dan tidak ada harapan seta luar biasa hebat. Sebagai pengusaha maka kita harus memiliki sistem dan kebiasaan untuk pemecahan masalah yang prima. telebih lagi, masalah sebenarnya adalah sebuah kesempatan untuk segera menjadikan seoarang pelangan loyal.


KEPUASAN PELANGGAN


    Setelah kita mengerti kelima komponen penyusunan pengalaman pelanggan, kita perlu memahami bagaimana cara mengukur “kepantasan” lima komponen tersebut dalam bisnis kita. Ini berarti kita juga perlu tahu bagaimana pelanggan mengukur lima komponen tadi. Ternyata sederhana sekali, pelanggan mengukur 5P kita dengan seluruh indra yang mereka punyai, persis sama seperti bagaimana mereka menjalani dan menilai hidup mereka.

    Pelanggan menilai Place, Product, Process, People, dan Problem dengan menggunakan penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, pengecap, dan tentu saja perasaan mereka. Pelanggan akan “menangkap” segala macam warna, bau, suara, material, rasa, dan sensasi-sensasi lain ketika mereka bersinggungan dengan lima komponen itu.

    Untuk menjamin kepuasan pelanggan secara konsisten kita perlu memperhatikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengelolaan tempat (Place), produk (Product), proses (Process), orang-orang (People), dan masalah (Probem) di bisnis kita. Sering-seringlah mengajak tim kita untuk berjalan-jalan dan berpikir sebagai pelanggan, melakukan observasi pada 5P tadi agar usaha kita selalu mampu menampilkan 5P yang terbaik bagi pelanggan. Hal ini yang akan menjamin terciptanya kepuasan pelanggan yang lebih konsisten, sebagai awal dari terciptanya pelanggan-pelanggan yang loyal pada usaha kita.
   

Mengatasi Bosan Dalam Berbisnis

Mengatasi Bosan Dalam Berbisnis

    Semua orang pasti pernah mengalaminya dan pasti ada saja celah dimana seseorang dapat merasakan kebosanan. Bekerja, berbisnis, sama halnya dengan berjuang. Setiap masalah harus dihadapi dengan daya juang yang Anda miliki. Dan ada kalanya dalam berbisnis kita sering meresa bosen.
Bisnis sebenarnya sama juga denagn kegiatan lain, walaupun terlihat penuh dengan kejutan, tantangan dan dinamika. Namun sesungguhnya pada suatu saat akan menimbulkan kejenuhan atau kebosanan karena mungkin tidak ada perubahan yang berarti dengan pendapatan Anda arau sudah terlau lama menjalankan bisnis yang sama. Apalagi jika mimpi-mimpi Anda, sebagian besar telah tercapai. Bahkan usaha yang awalnya bermula dari hobi pun bisa terhinggapi kebosanan.
    Jika sudah demikian, ambilah waktu untuk melakukan rehat sejenak dari kegiatan bisnis Anda. Liburan ke luar kota bersama keluarga atau sahabat untuk refreshing. Selanjutnya lakukanlah hal-hal baru diluar yang selama ini Anda lakukan, diantaranya:

1. Ubah Sususnan Ruang Kerja Anda.
    Jika memungkinkan, Anda dapat mengubah susunan ruang kerja/tempat usaha Anda sehingga terlihat berbeda dari biasanya. Atau jika Anda memiliki dana berlebih, Anda bisa melakukan renovasi baik dari segi interior maupun eksteriornya agar tempat usaha Anda benar-benar tampil beda dan dapat menarik konsumen atau klien bisnis Anda. Perubahan kecil dalam mengubah susunan ruangan kerja, sedikit banyak akan mempengaruhi mood kerja Anda menjadi lebih fresh dan baik.



Mengatasi Bosan Dalam Berbisnis


2. Kumpulkan Kembali Semangat Awal Anda
    Coba ingat kembali baik-baik alasan dan niat Anda saat pertama kali memutuskan membuka usaha. Mengapa dulu Anda begitu bersemangat dalam berbisnis? Apakah karena passion atau karena keinginan untuk jadi kaya atau ad alasan lain? Impian saat baru memulai bisnis perlu Anda hidupkan lagi, karena hal ini akan membantu mengembalikan semangat Anda dan terus bertahan menjalani usaha Anda untuk terus maju.

3. Delegasikan Pekerjaan
    Kebosanan muncul karena rutinitas sehari-hari yang itu-itu saja yang Anda lakukan. Mungkin sekaranglah saatnya Anda mulai mendelegasikan pekerjaan rutin Anda kepada orang lain, mialnya karyawan atau asisten Anda. Maka Anda akan lebih mempunyai waktu untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif, misalnya mencari ide-ide konsep baru untuk produk usaha, desain produk, dsb. namun yang harus Anda ingat adalah berikan prosedur operasional standar mengenai tugas-tugas yang telah Anda limpahkan, sehingga akan meminimalkan tejadinya kesalahan atau penyimpangan jika orang lain yang mengerjakannya. Selanjutnya, Anda sesekali dapat meninjau dan mengevaluasi kinerjanya.

4. Buat Target Baru
    Jika pendelegasian telah berjalan baik, pastinya akan membawa pikiran Anda untuk mulai ekspansi usaha baru atau setidaknya ada target baru yang lebih tinggi yang ingin Anda wujudkan. Baik membuat usaha baru atau menciptakan target baru, akan membuat Anda keluar dari zona nyaman yang membuat Anda merasa bosan. Banyak pengusaha yang memanfaatkan  momentum kebosanan ini, untuk melihat peluang baru sebagai ekspansi usahanya. Namun, tetap harus diingat bahwa usaha yang ada sekarang pastikan berjalan dengan baik meski tanpa kehadiran Anda secara langsung.


 Mengatasi Bosan Dalam Berbisnis



5. Cari Ide-ide Baru
    Carilah inspirasi baru, misalnya untuk produk baru, desain baru, atau inovasi baru yang berkaitan dengan bisnis Anda. Anda bisa mendapatkannya dari hasil tempat liburan yang telah Anda kunjungi. Maka rencanakanlah perjalanan liburan Anda ke tempat-tempat yang berhubungan dengan bisnis Anda, misalnya ke sentra-sentra UKM disuatu daerah. Sehingga, bukan pikiran saja yang jadi segar namun Anda akan mendapatkan berbagai ide-ide baru yang nantinya menunjang kegiatan bisnis Anda.

Demikianlah tips cara mengatasi bosan dalam berbisnis. Jadilah pribadi yang semangat, kreatif dan inovatif agar Anda tidak kehilangan peluang bisnis.

Saturday, July 27, 2013

5 Faktor Penentu Popularitas Sebuah Merek Bisnis Online

5 Faktor Penentu Popularitas  Merek Bisnis Online

Upaya memasarkan merek produk, dikenal juga dengan sebutan branding, ini adalah hal yang paling penting bagi sebuah bisnis online yang baru didirikan. Keuntungan tidak semata-mata ditentukan dari besarnya selisih harga jual dan harga beli sebuah produk, melainkan juga dipengaruhi oleh seberapa terkenalanya sebuah merek produk online di kalangan buyer.

Berikut 5 faktor penting yang menentukan keberhasilan branding sebuah merek produk:

1. Nama merek
Bahan baku utama dalam branding adalah nama merek. Nama merek tersebut akan disebarluaskan di manapun dan kapanpun. Dalam bisnis online, nama merek yang baik adalah merek yang dapat ditelusuri dengan mudah melalui search engine. Selain menarik, nama merek harus mudah diingat, ear-catchy, unik dan mencerminkan karakteristik bisnis online yang dijalani seller.


5 Faktor Penentu Popularitas Merek Bisnis Online



2. Komunikasi dua arah
Sebuah merek produksi bisnis online akan diingat oleh buyer apabila mampu menjalin komunikasi dua arah melalui media online seperti situs dan media sosial. Seller harus mampu mempertahankan nama baik merek bisnisnya dengan cara berkomunikasi secara intens melalui media online, bahkan ketika transaksi telah berakhir. Melalui media sosial, bangunlah silaturahmi dengan buyer yang pernah bertransaksi sebelumnya agar ia melakukan repeat order. Semakin banyak repeat order yang diterima seller, semakin kuat merek produknya dikalangan buyer.

3. Logo
Logo juga memainkan peran penting dalam branding sebuah merek produk sebab akan muncul dalam situs dan akun-akun media sosial seller. Logo yang baik harud merepresentasikan citra bisnis seller secara visual. Seller harus jeli dalam menentukan logo sehhhingga membentuk brand awareness yang kuat di kalangan buyer. Buyer mengenali sebuah merek bisnis begitu mereka melihat sebuah logo. Secara otomatis, buyer akan mengasosiasikan sebuah lambang atau gambar dengan merek tertentu. kesan seperti inilah yang harus diciptakan seller melalui logo bisnisnya.


5 Faktor Penentu Popularitas Merek Bisnis Online



4. Pencitraan merek
Pencitraan merek yaitu kesan seperti apa yang ingin dibentuk seller jika buyer bertransaksi dengannya. Jika ingin menciptakan citra seller yang bersahabat dan terpercaya, harusnya seller menjalin komunikasi yang intens dnegan para buyer. Misalnya dengan menanggapi setiap pertanyaan dan keluhan yang disampaikan buyer melalui media sosial.

5. Slogan atau Tagline
Slogan atau tagline merupakan ringksan dari visi dan misi seller menjalankan bisnisnya. Apa yang menjadi tujuan seller berbisnis disampaikan melalui Tagline. Tagline yang bagus biasanya singkat, representatif, unik, dan mampu menimbulkan kesan pertama yang baik di mata buyer.

Tips Aman Berbelanja Via Online

Tips Aman Berbelanja Via Online

    Seiring dengan berkembangnya bisnis melalui layanan internet, meningkatkan angka belanja masyarakat melalui via online. Adanya situs-situs internet yang menawarkan berbagai macam produk mauoun jasa memberikan kemudahan kepada banyak orang untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dengan cara yang mudah. Tanpa harus menghabiskan waktu untuk terjun langsung mencari barnag yang kita cari, belanja via online hanya perlu membuka internet kemudian memilih dan order barang yang Anda sukai maka setelah pembayaran barang akan dikirim ke rumah Anda langsung. Cara ini banyak memberikan kemudahan dan keutungan bagi para konsumen, karena jarak antara penjual dan pembeli tidak dipermasalahkan lagi. Misal orang papua yan ingin membeli batik Jogja pun dapat dengan mudah mendapatkannya tanpa harus datang langsung ke Jogja.
    Namun dibalik kemudahan dan keuntungan yang dimiliki, belanja via online jg memiliki banyak resiko. Fasilitas tersebut sering disalahgunakan orang – orang yang tak bertangggung jawab, tak sedikit konsumen yang pernah tertipu layanan belanja via internet, oleh karena itu kita harus teliti dalam memilih situs – situs yang menyediakan layanan belanja via online. Akibatnya bisa membuat orang trauma, dan dapat memberikan citra negatif tentang layanan belanja online.
    Jika Anda termasuk orang yang suka menggunakan layanan belanja online, berikut kami berikan beberapa tips aman belalanja via online:

Pilih situs yan jelas
    Langkah pertama Jika Anda berbelanja online adalah Anda harus memilih situs yang terpercaya. Biasanya memberikan alamat ataupun menyertakan contact person yang dapat dihubungi langsung oleh konsumen. Salah satu ciri situs yang aman, salah satunya adalah alamat "https:/". Jika ada "s" berarti situs tersebut bisa dikategorikan cukup aman. Tanda "s" ini tak akan muncul sampai Anda mengakses halaman order barang dalam situs.

Ulasan produk

    Proses selanjutnya adalah memilih produk yang akan dibeli secara jeli, baik dari segi kualitasnya. Bandingkan harga yang dipasang dengan harga pasaran toko, lihat juga peraturan yang ada, misalnya barang pesanan yang diterima cacat apakah dapat ditukar dengan barang yang baru.


Tips Aman Berbelanja Via Online


Jaga data diri
    Jangan terlalu mudah memberikan data pribadi Anda pada situs-situs yang ada. Seperti KTP, SIM, kartu kredit, rekening, dan no HP Anda. Tulislah informasi secukupnya saja yang dianggap masih berhubungan seperti nama dan alamat Anda. Karena sering terjadi pencurian data diri melalui internet untuk modus kejahatan.

Password
    Beberapa situs ada yang mengharuskan memakai password, gunakan password yang berbeda setiap melakukan transaksi hal ini untuk mengantisipasi bocornya informasi pribadi Anda.

Pembayaran
    Dalam transakasi belanja online biasanya akan ditawarkan berbagai cara, seperti via kartu kredit, paypal, transfer langsung via bank.Jika Anda belum berpengalaman lebih baik menggunakan transferan langsung. Sekarang ini cara yang kurang aman adalah dengan Kartu kredit.




Tips Aman Berbelanja Via Online


Pngiriman
Barang akan datang dalam waktu tertentu setelah pembayaran diselesaikan. Perhatikan layanan yang dijanjikan produsen dalam menangani kendala jarak atau masalah pembayaran dan pengantaran barang. Untuk berjaga-jaga, print halaman situs yang menginformasikan semua hal mengenai pesanan Anda seperti harga barang, informasi produk atau nomor pesanan dan kebijakan keamanan perusahaan.

Friday, July 26, 2013

Aplikasi Penunjang Bisnis Online di Smartphone

Aplikasi Penunjang Bisnis Online di Smartphone

Jika ingin berjualan di Smartphone, peluang itu terbuka lebar. Anda dapat berbisnis setiap saat tanpa harus membuka laptop, kapan saja, dan di mana saja.

Ada beberapa aplikasi gratis yang dapat membantu operasional merketing Anda si Smartphone yaitu:

1. Google currents
Aplikasi ini memudahkan Anda menciptkan satu pintu untuk mengakses beragam sumber informasi jika Anda senang mencari ide-ide untuk diposting ke Facebook atau twitter. Fungsinya mirip dengan RSS Feed.
Dengan Google Current ini Anda bisa melihat apa saja yang sedang trend di situs tertentu. Dengan mengetahui informasi terkini, maka Anda dapat menciptakan postingan yang relefan dengan bisnis Anda.

2.Postling
Blog punya peran sangat besar dalam meraih audien Anda. Dengan blog, audien bisa mendapat informasi lebih detail mengenai bisnis Anda. Postling adalah aplikasi yang membantu Anda menciptakan konten dari smartphone langsung ke blog.
Aplikasi ini juga memungkinkan Anda memantau sejumlah web, dan didukung dengan RSS Feed. Bisa langsung di-share ke Facebook, Twitter, LinkedIn, dan social media lain. Sayangnya untuk sementara Postling baru tersedia untuk iPhone.


Aplikasi Penunjang Bisnis Online di Smartphone



3. Facebook App
Ini merupakan aplikasi wajib bagi para pemasar social media melalui smartphone. Sebab Facebook merupakan platform social media nomor satu saat ini. Semakin banyak pebisnis dan komunitas yang hadir di Facebook. Dengan aplikasi ini, Anda dapat terus berinteraksi dengan klien, mitra, dan calon pelanggan di mana saja, kapan saja.

4.Flipboard
Ini merupakan aplikasi yang powerfull untuk menemukan konten tertentu. Nyaris mirip Google Currents. Bedanya, Flipboard memungkinkan Anda terkoneksi ke social media yang Anda ikuti, dan langsung berinteraksi melalui aplikasi ini.
Anda dapat terhubung ke LinkedIn, Twitter, Tumblr, Google+ dan Facebook, serta sejumlah blog milik Anda. User dapat mengatur, menemukan konten, dan berinteraksi tanpa harus meninggalkan Flipboard.






Aplikasi Penunjang Bisnis Online di Smartphone




5. Buffer App
Dengan Buffer App, Anda bisa mudah berbagi artikel, foto, video, dan status update ke banyak social media sekaligus. Dengan begitu, audien yang terjangkau akan lebih luas. Namun, karena sifat audien di setiap social media berbeda-beda, sebaiknya gunakan Buffer App hanya pada momen tertentu saja, yakni ketika ingin menyebarkan informasi yang layak diakses semua kalangan.

6.Plume
Plume adalah aplikasi pengatur manajemen social media, khususnya Twitter. Menyerupai TweetDeck, hanya lebih praktis untuk diakses di smartphone. Anda dapat mengoperasikan beberapa akun Twitter sekaligus. Plume juga secara otomatis memberi layanan penyingkat URL. Sangat cocok bagi Anda yang melancarkan jurus marketing di sosial media.

Hal Yang Terdapat Pada manusia Sukses

Hal Yang Terdapat Pada manusia Sukses

    Setiap orang ingin sukses, bagaimanapun caranya. Ada yang bekerja giat, belajar kepada orang yang sukses, mengikuti pelatihan-pelatihan, atau membaca buku. Dibutuhkan perjuangan untuk meraih sukses yang kita inginkan. Berikut Ada 7 hal yang melekat pada pribadi orang-orang sukses yang perlu kita contoh:

Hubungan Yang Kuat
    Mereka semua memahami jaringan hubungan teman dan kolega mereka. Mereka memberikan penghargaan dan apresiasi kepada pelatih atau teman yang pernah mengajari mereka segala sesuatu. Mereka juga membuka pintu kesempatan yang diperlukan. Mereka sangat berterimakasih dan menghargai bahwa kesuksesan adalah buah dari jalinan kemitraan dengan banyak orang yang berbeda selama bertahun-tahun.

Tingkat Pemahaman
    Hal pertama yang menggumkan dari orang-orang sukses adalah tingkat pemahaman mereka atas diri atau pribadi mereka sendiri. Mereka pun merasa sangat nyaman dengan pilihan yang mereka buat dalam hidup mereka. Mereka tahu nilai-nilai dan tujuan hidup mereka. Ketika mereka melakukan kesalahan maka mereka akan menyesalinya, namun mereka mampu berdamai dengan masa lalu. Selain itu mereka juga optimis, penuh gairah, dan percaya diri dalam memandang masa depan.

Disiplin Pribadi
    Mereka tidak mau membuang-buang waktu dan membohongi diri mereka sendiri. Mereka tidak membesar-besarkan atau mengecil-ngecilkan suatu masalah. Orang-orang ini sangat tepat saat mereka bebicara mengenai usia, hubungan, usaha atau impian-impian mereka. Mereka juga mudah untuk diajak bicara dan jelas dalam berkomunikasi.


Hal Yang Terdapat Pada manusia Sukses


Idealisme Yang Mengagumkan
    Hal yang cukup menonjol dari orang-orang sukses adalah idealisme mereka. Mereka semua ingin melakukan suatu perubahan, mengisi hidup dngan penuh tujuan dan makna. Mereka dimotivasi oleh gairah untuk menciptakan dunia yang lebih baik, menyumbangkan sesuatu, dan menolong orang lain.

Pragmatisme Ynag Luar Biasa
    Seimbang dengan idealisme mereka, orang-orang yang luar biasa sukses ini ternyata juga amat praktis. Mereka fokus pada pemecahan masalah, menggunakan teknologi, informasi dan ketrampilan utnuk meraih tujuan-tujuan terpenting. Merekaf ftidak tertarik pada teori-teori atau mempertahankan pilihan-pilihan masa lalu. 



Hal Yang Terdapat Pada manusia Sukses

 

Tujuan Yang Jelas
    Orang-orang yang sukses memiliki tujuan tertulis, rencana panjang tertulis, apa yang harus mereka lakukan mulai dari 30 hari hingga 10 tahun kedepan. Contohnya, pemimpin bisnis menuliskan target penjualan mereka. Saran yang kita semua pernah dengar: Tulislah tujuan Anda, benar-benar bekertja dan bermanfaat.

Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi
    Mereka mongobservasi budaya, membaca surat kabar, membaca tentang industri mereka. Mereka pun mempelajari segala hal yang ada di sekitar mereka. Mereka membaca tentang politik dan agama. Mereka ingin tahu tentang bursa saham dan belajar memasak. Saya terkejut bahwa sebagian besar diantara mereka bukanlah ahli dibidang-bidang yang tersebut tetapi mereka amat terdidik, cerdas, dan penuh rasa ingin tahu.

Thursday, July 25, 2013

10 Hal Yang Dibawa Pengusaha Sukses Ketika Keluar Rumah

10 Hal Yang Dibawa Pengusaha Sukses Ketika Keluar Rumah

Sebagai seorang pengusaha sukses, tentunya Anda harus selalu memiliki inspiraso yang baik. Inspirasi tidak datnag begitu saja, kadang harus mencarinya. Tetapi kadang bisa didapatkannya kapan saja dan dimana saja tanpa di duga. Itulah sebabnya Anda harus mengandalkan kombinasi antara teknologi dan item praktis yang dapat Anda bawa kmana saja. Inilah beberapa item yang harus dibawa seorang pengusaha sukses.

1. Sesuatu Untuk Menulis
Sebagai pengusaha sukses, Anda harus selalu membawa sesuatu untuk menulis. Anda bisa membawa kertas dan pulpen ata iPad. Yang terpenting Anda dapat mencatat seluruh ide dan konsep Anda. Jangan anggap Anda dapat mengingatnya nanti, karena Anda pasti tidak akan mengingatnya serinci saat Anda memikirkannya.

2. Sebuah Buku
Jangan prnah meniggalkan rumah tanpa buku. Anda harus mencintai belajar. Itulah salah satu kunci agar Anda menjadi seorang pengusaha sukses.



10 Hal Yang Dibawa Pengusaha Sukses Ketika Keluar Rumah



3. Handphone
Handphone sangat berguna dimana dan kapan saja. Selain itu akan membuat Anda fokus bekerja saat Anda berada di tempat yang ramai. Serta handphone juga dapat membuat Anda santai saat anda sedang jenuh bekerja.

4. Smartphone
Dengan menggunakan smartphone, Anda dapat melakukan banyak hal dalam satu waktu. Seperti menelfon, sms, memeriksa kalender, memeriksa email, atau bahkan sekedar mengecek social network Anda.

5. Charger Smartphone
Seorang pengusaha sukses tidak akan pernah meninggalkan charger smartphonenya di rumah. . Baterai smartphone Anda tidak akan bertahan lama, oleh karena itu charger smartphone sangatlah penting untuk memastikan Anda dapat selalu mengakses smartphone Anda.

6.Backup Software
Contohnya saja jika Anda akan mengadakan presentasi atau seminar, sebaiknya Anda harus memikirkan backup software seperti mengirimkan file presentasi Anda ke orang yang mengurus acara Anda. Atau sekedar membawa external hard disk dan bahkan membawa mini projector milik Anda untuk berjaga-jaga apabila projector mereka mengalami kegagalan.



10 Hal Yang Dibawa Pengusaha Sukses Ketika Keluar Rumah



7.Digital Recorder
Ide datang kapan saja dan dimana saja. Dan terkadang ide tersebut tidak datang sendirian. Dalam arti kata, banyak sekali pengusaha sukses yang memikirkan ide lebih dari satu. Dengan adanya alat perekam di saku Anda, Anda akan selalu bisa merekam ide Anda dimanapun Anda berada. Terutama saat Anda di jalan. Setelah sampai di kantor, barulah Anda memindahkan rekaman tersebut ke komputer Anda, dan mendengarkan kembali ide-ide yang telah Anda rekam tadi.

8.Macbook Air
Macbook Air adalah salah satu pilihan teknologi yang dapat Anda bawa. Macbook air sangat ringan sehingga mudah Anda bawa kemana saja dalam tas Anda. itu akan membuat Anda bekerja lebih mudah.

9. Kartu Nama
Mengapa Anda harus selalu membawa kartu nama? Tentunya saja Anda tidak bisa memprediksi siapa yang akan Anda temui di jalan. Dengan adanya kartu nama, Anda dapat memberikan identitas dan contact person Anda kepada calon klien potensial. 


10. Sebuah Rencana
Ini adalah hal yang paling penting. Anda tidak bisa meninggalkan rumah tanpa adanya sebuah rencana. Entah itu berbelanja, atau bertemu dengan klien saat makan siang. Sebuah rencana akan membuat hari Anda terarah. Setiap pengusaha sukses perlu orientasi terhadap perencanaan dan mengetahui apa yang akan dicapai. Tetapi itu tidak berarti Anda harus terpaku dengan rencana tersebut dan tidak melakukan improvisasi.

Istilah-Istilah Dalam Bisnis Online

Istilah-Istilah Dalam Bisnis Online

Afiliasi
    Anda bergabung di sebuah website, dan Anda menjadi bagian dari pemasar produk yang terdapat pada website tersebut, dan Anda juga berhak atas komisi penjual yang sudah di tentukan. Biasanya Anda akan mendapatkan sebuah link khusus. contohnya, http://blazer-korea.com/temmy
temmy adalah id afiliasi.

Reseller
    Artinya adalah orang yang menjualkan suatu produk dari sebuah website. Pada umumnya, orang yang menjadi reseller akan mendapat komisi sekian persen jika reseller tersebut berhasil menjual produk dari sebuah website.

Resell Right
    Istilah ini di artikan sebagai "produk yang boleh Anda jual kembali, tapi konsumen Anda tidak boleh menjualnya kembali."

Referal/Referer
    Adalah orang yang mengajak Anda bergabung/ orang yang memberikan Anda referensi suatu produk atau website.

Master Resell Right
    Produk yang boleh Anda jual kembali, dan Anda boleh memberikan hak yang sama kepada konsumen Anda. 


Istilah-Istilah Dalam Bisnis Online


Privat label Rights
    Produk yang isinya boleh anda edit, kemudian Anda jual. Biasanya produk dengan lisensi ini memberikan ijin kepada Anda, untuk mengakui bahwa produk tersebut buatan Anda ( tergantung pada pembuatnya).

Giveaway Rights
    Anda di izinkan untuk memberikan produk tersebut kepada orang lain, tetapi orang lain tersebut tidak boleh menjualnya.

Branding Rights
    Anda dapat merubah url website, nama, link afiliasi sutu produk dengan milik Anda sendiri.

Autoresponder
    Adalah penjawab email otomatis.

Subscribe / unsubscribe
    Istilah ini dipakai dalam mailing list/newsletter , dengan kata lain Subscribe berarti mendaftarkan diri anda ke suatu mailing list dengan cara memasukkan nama dan email anda pada sebuah website, dan Unsubscribe berarti keluar dari suatu mailing list. Biasanya dalam email anda akan di berikan sebuah link untuk Unsubscribe.


Istilah-Istilah Dalam Bisnis Online





E-book
    Electronik book tidak berbeda dengan buku yang beredar di toko buku, hanya saja isi dari tulisan-tulisannya di rubah menjadi digital sehingga untuk membacanya harus menggunakan komputer.

E-zine
    Elektronik magazine tidak berbeda dengan majalah yang biasa Anda beli di tukang koran. Hanya saja isi dari tulisan-tuliannya dirubah menjadi digital sehingga untuk membacanya harus menggunakan komputer.

Autosurf
    Program yang memberikan keuntungan sekian persen per hari atau per bulan namun Anda di wajibkan untuk membuka website klien mereka setiap hari (banner/iklan).

HYIP (High Yield Investment Program)
    Cara kerjanya adalah menaruh sejumlah uang/dana kepada sebuah website yang menjanjikan keuntungan sekian persen perbulan atau perhari.

PRT, PTC & PTS Program
    singkatan dari Pay To Read, Pay To Click dan Pay to Signup. Program dari website pemasang iklan yang menjanjikan akan memberi imbalan sejumlah uang kepada para member hanya dengan membaca email, mengeklik iklan banner atau mendaftar pada suatu website.

E-gold
    Adalah sutu alat pembayaran digital yang dapat dipergunakan di seluruh dunia, dikeluarkan oleh e-gold Ltd. Standar nilainya didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku di pasar dunia dan ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan.

Safelist
    Safelist adalah kumpulan pemasang iklan yang bergabung bersama dalam suatu group, dimana mereka bebas mengirim iklan ke seluruh member yang tergabung didalam Safelist tersebut, tanpa harus takut dituduh melakukan SPAM, karena mereka yang bergabung di Safelist, juga diharuskan menerima iklan dari member lain.

Wednesday, July 24, 2013

7 Alasan Mengapa Otak Kanan Harus Dimaksimalkan

                  7 Alasan Mengapa Otak Kanan Harus Dimaksimalkan

Otak kanan sangat diperlukan untuk memaksimalkan kemampuan seorang manusia.
Berikut mengapa otak kanan sangat penting dalam kehidupan, bisnis dan motivasi :

1. Otak kanan mempengaruhi perasaan
    Apabila seseorang tidak mampu mengendalikan perasaan sendiri, maka mungkin otak kanannya sedang dalam masalah. Karena itu, untuk mengendalikan perasaan, tidak dengan belajar mengedalikan diri saja namun juga belajar mengembangkan otak kanan kita.

2. Otak kanan mengendalikan perasaan
    Otak kanan bukan hanya mempengaruhi perasaan, namun juga mengedalikan perasaan. Adanya perasaan senang, sedih, kecewa, gembira, merupakan kerja otak kanan.

3. Otak kanan, otak pengertian
    Tanpa otak kanan, mungkin setiap orang hanya memiliki perasaan yang datar, tanpa ekspresi saja. Orang yang peka dan pengertian terhadap orang lain merupakan seseorang yang mempunyai otak kanan lebih kuat dan memiliki perkembangan otak kanan yang lebih bibandingkan orang yang kurang pengertian, pendiam dan ekstrovert.


7 Alasan Mengapa Otak Kanan Harus Dimaksimalkan


4. Otak kanan, otak perubahan
    Dibandingkan otak kiri, otak kanan cenderung lebih memiliki pemikiran liar yang kadang-kadang tidak umum, kadang terlihat aneh dan tidak masuk akal. Padahal mungkin saja pemikiran tersebut akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa bagi perkembangan kehidupan dan bisnisnya. Karena otak kanan mempunyai sifat yang verbal, lateral, dan flesibel sedangkan otak kiri runtut dan terikat.

5. Otak kanan, otak bisnis
    otak kanan memang otak bisnis, sama seperti otak kiri, namun cara penyampaiannya saja yang berbeda. Misal otak kiri cenderung pada sesuatu yang urut, berbeda dengan oak kanan yang cenderung fleksibel dan tidak terikat. Otak kanan terkait impian dan apabila seseorang memiliki impian dalam sebuah bisnis, tidak mustahil otak kanannya akan bekerja lebih maksimal dan lebih berfikir untuk mencapai impian meraih bisnis tersebut.


7 Alasan Mengapa Otak Kanan Harus Dimaksimalkan



6. Otak kanan, otak kreatif
    Orang yang kreatif adalah orang yang mempunyai otak kanan lebih kuat. Hal ini karena otak kanan memegang peranan penting dalam pembangunan kreatifitas manusia.

7. Pekerjaan otak kanan lebih mahal
    pekerjaan yang bebasis otak kanan lebih mahal dan sangat dicari orang banyak. Seperti pemasaran, pengusaha, marketing office adalah pekerjaan yang bayarannya lebih besar dibandingkan pekerjaan yang berbasis otak kiri, misalnya akuntan, bidang produksi,dll.



Berkut ini Perbandingan Kerja Otak Kiri dan Kanan :

    1. Simbol vs Gambar
    2. Runtut/Sekuen vs Acak/Random
    3. Logika vs Kreatif/Seni
    4. Detail ke Global vs Global ke detail.
    5. Setahap demi setahap vs Langsung
    6. Proses then memori vs memori then proses.
    7. Duplikasi vs imaginasi.
    8. Teratur vs acak dan melompat-lompat.
    9. Analisis mengurai vs Analisis Kesimpulan.
    10. Tenggang Waktu vs Bebas Waktu.
    11. Rencana vs Inspirasi.
    12. Objek Hitam Putih vs Objek yang berwarna warni

Cara menghindari penipuan Bisnis Online

Cara menghindari Penipuan Bisnis Online

    Bisnis online merupakan salah satu peluang bisnis yang banyak memberika keuntungan besar bagi para pelakunya. Mudahnya menjalankan bisnis online ternyata juga memberikan peluang bagi para oknum yang tidak bertanggung jawab utnuk melakukan kecurangan seta penipuan-penipuan dalam bisnis online.
    Bisnis melalui dunia maya memang sangat rawan dengan penipuan. Hanya bermodalkan jaringan internet, semua orang sapat menggunakan website, blog maupun situs jejaring social untuk menjalankan bisnis online mereka. Bagi oknum yang tidak bertanggung jawab, mereka memanfaatkan kemudahan registrasi data pemilik website, blog maupun situs jejaring social yang dapat dipalsukan, jadi jejak kejahatan mereka sulit untuk ditemukan.

Berikut beberapa contoh modus penipuan yang sering ditemui para pelaku bisnis online seta cara mangatasinya:

1. Jangan mudah terbujuk permintaan konsumen yang memesan dalam jumlah yang banyak namun hanya membayarkan uang muka telebih dahulu, mereka minta barang segera dikirim dan akan melunasinya setelah barang sampai di tangan konsumen. Jangan pernah melakukan hal ini, karena banyak yang terkena tipu setelah membayar DP dan menerima barang, mereka langsung kabur tanpa jejak, lebih baik minta konsumen untuk melunasi terlebih dahulu, baru kemudian barang dikirim.


Cara menghindari penipuan Bisnis Online


2. Modus penipuan yang sering menjadi resiko pelaku bisnis online yaitu mendapatkan konsumen yang mengaku sudah mentransfer dana untuk pemesanan barang tetapi ternyata uang tersebut belum masuk ke rekening bisnis Anda. Untuk menghindarinya gunakan sistem yang mewajibkan konsumen untuk mencantumkan bukti pembayaran yang telah mereka lakukan. Cek terlebih dahulu dana tersebut di rekening Anda, kirimkan barang pesanan mereka setelah memperoleh kesesuaian bukti dengan dana yang masuk ke rekening Anda.

3. Waspadai pula penyewaan hosting maupun domain yang ada di internet. Untuk menjalankan bisnis online, sebaiknya Anda berhati-hati untuk memilih situs yang menyewakan hosting dan domain. Karena ada beberapa situs yang menipu dana perpanjangan penyewaan sudah Anda transfer, tapi hosting atau domain yang Anda gunakan untuk menjalankan bisnis belum diperpanjang.Untuk itu Anda sebaiknya lebih teliti dalam menjalin kerjasama, pastikan pilih yang sudah memiliki reputasi cukup bagus di dunia online. Teliti terlebih dahulu alamat website lengkapnya melalui google, lihat pula respon konsumen yang ada di website tersebut sebagai bahan pertimbangan Anda memilih webhosting.


 Cara menghindari penipuan Bisnis Online


    Dan hal yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya Anda memiliki pengetahuan yang cukup baik mengenai bahaya penipuan melalui internet. Dengan demikian aka membantu Anda untuk menemukan cara yang tepat untuk menghindari penipuan bisnis online.

Tuesday, July 23, 2013

Tips Mengubah Pelanggan Online Jadi Duta Bisnis

Tips Mengubah Pelanggan Online Jadi Duta Bisnis

    Perkembangan media sosial membuat banyak perubahan, contohnya kini banyak yang berjualan lewat jejaring sosial seperi facebook. Perubahan ini memang membawa kemudahan, tetapi juga menuntut tanggung jawab.
Selain bermodalkan kepercayaan para pembeli juga menuntut perhatian leibh dari pedagang online. Karena sifatnya yang interaktif, para pembeli membutuhkan tanggapan yang cepat dari para penjual. Kemudian Pembeli juga akan menyebarkan kepuasannya kepada teman-temannya jika Anda memberikan pelayanan prima.
    Disitulah terletak kesempatan untuk memanfaatkan pelanggan menjadi duta bisnis alias orang yang menyebarkan bisnis kita kepada orang lain secara gratis.
Berikut beberapa tips untuk membuat pelanggan Anda semakin loyal dan bahkan bisa menjadi dita produk Anda:
1. Jadilah penjual yang cepat tanggap
    Jika pelanggan Anda membutuhkan informasi yang cepat tentang produk tertentu, maka segera mungkin berikan jawaban kepada pelanggan. Karena sebuah penelitian di Inggris mengatakan 25% pengguna media sosial membutuhkan jawaban di bawah satu jam sebelum dia beralih ke tempat lain. Sementara 6% membutuhkan jawaban di bawah 10 menit.


Tips Mengubah Pelanggan Online Jadi Duta Bisnis



2. Konsisten
    Jawablah pertanyaan pelanggan-pelanggan Anda lewat jalur yang sama. Maksudnya ketika mereka bertanya lewat Facebook, jawablah juga lewat media yang sama. Menggunakan jalur yang berbeda akan membuat pelanggan bingung dan akhirnya tidak merasa puas.


3. Tampil ke permukaan
    Mengirim pesan lewat Facebook atau Twitter memang baik, tetapi ketika itu menyangkut hubungan dengan pelanggan sebaiknya Anda membuatnya setransparan mungkin. Misalnya dengan berkomunikasi dengan pelanggan Anda di Facebook lewat wall dan komentar.


Tips Mengubah Pelanggan Online Jadi Duta Bisnis

4. Lebih Manusiawi
    Berkomunikasilah dengan pelanggan Anda dengan sentuhan yang manusiawi, sama seperti Anda berbicara dengan orang lain secara langsung, dengan rileks dan santai. Misalnya dengan memposting komentar di wall pelanggan Anda dengan santai dan canda. Dengan demikian pelanggan Anda akan merasa diperhatikan dan menjadi prioritas.


5. Terorganisasi
    Jika Anda mempunyai perusahaan yang besar, cobalah untuk menggunakan beragam media sosial. Tetapi untuk itu dituntut sumber daya manusia yang banyak dan terorganisasi. Misalnya apa yang Anda sampaikan di Facebook harus sama dengan yang disampaikan di Twitter.

3 Kriteria Bisnis Plan Yang Sukses

3 Kriteria Bisnis Plan Yang Sukses
 
Untuk memulai suatu bisnis yang baik, bisnis plan sangat bermanfaat bagi Anda. Salah satu manfaatnya, dengan adanya bisnis plan dapat membuat Anda mengetahui gambaran keseluruhan proses bisnis Anda, serta berguna untuk mejaga bisnis Anda tetap dalam visi dan misinya.

Ada 3 kriteria yang harus diperhatikan agar mencapai bisnis plan yang sukses.

1. Sederhana, tapi tetap teliti


Bisnis plan yang baik adalah bisnis plan yang menuliskan karakteristik perusahaan, sampai detil-detilnya dalam bisnis Anda seperti merek dagang dan hak paten.
untuk membuatnya,ada beberapa hal yang Anda harus dituliskan, seperti:
    * Jelaskan bisnis Anda
    * Jelaskan lingkungan kompetitif produk/jasa Anda
    * Jelaskan produk/jasa yang Anda tawarkan
    * Jelaskan bagaimana bisnis Anda mendapatkan uang
    * Jelaskan bagaimana memasarkan bisnis Anda
    * Jelaskan bagaimana Anda menghasilkan produk tersebut
    * Jelaskan tentang manajemen bisnis Anda (tim besar atau tim kecil)
    * Jelaskan proyeksi keuangan Anda. Mulai dari berapa uang yang Anda     butuhkan sampai berapa keuntungan yang akan Anda hasilkan nanti.
Hal-hal ini yang dapat membuat bisnis plan Anda tetap sederhana tetapi sangat imformatif. Bisnis plan selain untuk mencari investor, juga berguna agar Anda menuntun langkah Anda sendiri.


3 Kriteria Bisnis Plan Yang Sukses


2. Buatlah dengan sederhana dan singkat

Bisnis plan tidak harus diisi dengan segala sesuatu yang Anda inginkan dalam bisnis Anda. Tetapi buatlah ringkasan atas semuanya.
Barbara Findlay Schenck, penulis Business Plans Kit For Dummies pernah berkata “orang berpikir bahwa bisnis plan harus berlembar-lembar seperti puisi. Dan itu salah karena di dunia nyata itu tidak terjadi”. Dari kutipan tersebut dapat Anda simpulkan bahwa Anda hanya membutuhkan selembar kertas untuk menuliskan hal-hal penting dalam bisnis Anda. Karena dokumen-dokumen yang panjang hanya membuat proyeksi data yang intens dan itu akan menjadi beban perusahaan anda sendiri. Serta hal itu dapat menerapkan harapan yang tidak realistis bagi investor.

3. Keunikan berbicara Volume


Bisnis plan harus bisa mencerminkan usaha bisnis yang diusulkan. Jadi apapun yang masuk kedalamnya, harus bisa menggambarkan proporsi dari bisnis tersebut. Ketika menulisnya, Anda harus memperhatikan siapa target Anda. Jika bisnis plan tersebut adalah dokumen internal (berguna untuk meningkatkan kinerja dan pertumbuhan perusahaan Anda), maka Anda harus menekankan informasi internal seperti memperkerjakan partner yang penting. Sedangkan jika bisnis plan adalah dokumen external, maka Anda harus menuliskan semua informasi sekreatif mungkin agar investor tertarik.


3 Kriteria Bisnis Plan Yang Sukses


Sangat penting bagi Anda sang pendiri untuk berpikir tentang tujuan bisnis,apa yang Anda jual, siapa audiens Anda, dan bagaiman hal itu akan menghasilkan uang. bisnis Anda harus unik dan layak mendapatkan perhatian khusus ketika menyusun rencana untuk sukses. Membuat penilaian yang adil, serta perencanaan yang sesuai, akan memastikan bahwa bisnis plan Anda cukup stabil untuk meningkatkan bisnis Anda.
Jika anda baru mau memulai bisnis Anda, Anda harus mempelajari tentang bisnis yang Anda ingin buat terlebih dahulu sebelum beralih ke dalam pembuatan bisnis plan. Karena, jika anda membuat bisnis plan tanpa mengerti tentang keseluruhan bisnis anda, maka bisnis plan anda tidak akan berjalan dengan baik.

Memahami Tipe Pesaing Dalam Bisnis

Memahami Tipe Pesaing Dalam Bisnis

    Pesaing Konstruktif

    Dalam strategi bisnis, pesaing konstruktif adalah pesaong yang membangun iklim persaingan sehat dan saling mendukung dengan perusahaan lawan. Pesaing konstruktif bertujuan meningkatkan nilai tambah, nilai manfaat, nilai pemuasan dan nilai kecocokan yang tinggi kepada pelanggan dengan tidak melakukan pola strategi bisnis yang menurunkan profit margin perusahaan itu sendiri. Ciri pesaing konstruktif yaitu menawarkan produk dan layanan dengan tujuan untuk pemenuhan segmen yang masih kosong aatau segmen yang tidak teridentifikasi secara khusus. Ciri inilah yang justru akan meningkatkan gairah persaingan yang sehat, saling mendukung dan saling menguji efektifitas strategi bisnisnya. Contoh, bergabungnya Bank dalam ATM bersama, bersaing namun tetap saling mendukung. Pola persaingan yang sehat akan memunculkan penurunan harga namun justru meningkatkan kualitas produk dan pelayanan.

Memahami Tipe Pesaing Dalam Bisnis



    Pesaing Destruktif
    Pesaing tipe ini lebih kepada menguatkan kekuatan untuk mengahncurkan pengaruh pasar terutama dalam margin dari lawan atau justru malah mengurangi margin perusahaan iru sendiri. Contohnya, sebuah provider sengaja menurunkan margin lawannya dengan banting harga dan diskon, harga per unit selalu di bawah pesaing. Sehingga memicu tingkat profit margin perusahaan sedikit terganggu, namun tujuan utama memang bukan profit tetapi menurunkan omset dan margin dari pesaing untuk dialihkan/direbut. 


 Memahami Tipe Pesaing Dalam Bisnis

Arti pesaing dalam strategi bisnis yaitu:
1. untuk membandingkan produk yang di hasilkan baik produk dalam bentuk jasa atuapun barang.
2. untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan suatu produk.
3. unruk menguji prestasi internal perusahaan.
4. Untuk alat uji pasar, terutama pasar yang bersifat monopoli.
5. Untuk pembangkit dan peningkatan kinerja secara berkelanjutan.
6. Pesaing sebagai partner terbaik dalam kawasan yang melarang praktek monopoli.
7. Membangkitkan semangat untuk bersaing baik secara individu maupun teamwork.

Monday, July 22, 2013

15 Kriteria Bisnis Gagal

15 Kriteria Bisnis Gagal

Sebelum membuka usaha baru, yuk simak dulu 15 poin kriteria bisnis bisa mengalami kegagalan, agar Anda semakin aware dengan berbagai rintangan di depan Anda sebagai pebisnis baru.

1. Tidak Ada Perencanaan Usaha
    Business plan ini merupakan poin paling penting dan mutlak untuk dilakukan. Banyak para pengusaha baru yang termakan kata-kata motivasi mentah yang mengatakan, "bisnis itu harus segera dilakukan!" Kuncinya action! action!
Memang usaha membutuhkan action agar segera dimulai, tetapi tetap dibutuhkan perencanaan.
    Perencanaan usaha iru sendiri meliputi: mengetahui siapa target pasar, siapa kompetitor, bagaimana mendeferensiasikan produk kita dengan produk kompetitor, bagaimana suplai barang dan mendatangkan modal, bagaimana cara berpromosi, bagaiman menghitung cashflow,dll


15 Kriteria Bisnis Gagal



2. Tidak Melakukan Riset Pasar
    Riset pasar untuk Anda sangat diperlukan. Contohnya, sedang musim hujan pilih yang mana, menjual es krim atau menjual jas hujan?
Contoh lain, Anda akan menjual baju dan aksesories ala Korea yang sedang booming. Maka, kemana Anda akan beriklan? Tentukan mana yang paling pas untuk beriklan produk tersebut.

3. Pemasaran Yang Lemah
    Di awal usaha, pasti sebagian besar pengusaha baru akan memikirkan bagaimana ya display tokonya? Bagaimana ya desain interior kantornya? Bagaimana ya memperbanyak stok? Memang semua itu benar, namun usaha yang baik sebenarnya diawali dari Produk yang baik, unik dan prospektif baru kemudian memikirkan sistem dan tampilan.
   
4. Terlalu Pasif
    Menjadi pengusaha baru jangan terlalu pasif. Banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha, terlebih saat merintis sebuah bisnis. Ciptakan produk yang bagus, carilah konsumen dan pelanggan sebanyak mungkin, carilah karyawan yang rajin dan loyal, atur anggaran.

5. Tidak Punya Akses Tambahan Modal
    Usaha yang Anda rintis sudah berjalan, dengan modal awal entah dari simpanan pribadi, aset pribadi, dll. Dari awal perlu dipikirkan rencana cadangan apabila bisnis Anda sedang terseok karena masalah modal. Jadi sebisa mingkin dari modal awal yang dimiliki, dipergunakan dan dikelola sebaik-baiknya sehingga arus kas Anda cukup baik dan lancar. Sehingga saat Anda sedikit terseok, Anda masih dapat mengusahakan pinjaman dengan record kas yan gtidak terlalu buruk.

6. Kurang Serius Mengelola Bisnis
    Anda mungkin belum memiliki karyawan banyak, belum memiliki kantor tempat usaha yang bonafit dan hanya bekrja dirumah saja. Tetapi, etos kerja harus minimal sama dengan saat di kantor. Jangan sampai profesionalisme Anda dalam mengelola bisnis seenaknya sendiri dan kurang disiplin dalam mengelola keuangan dan waktu.


15 Kriteria Bisnis Gagal



7. Manajemen Yang Buruk
    Manajemen usaha misalnya, manajemen waktu, usaha yang Anda lakukan, keuangan, produk yang Anda jual, dll. Mengetahui setiap detail dari aspek bisnis Anda lebih baik daripada Anda hanya peduli dengan besar keuntungan yang akan And dapatkan dengan menjual lebih banyak produk/jasa Anda.

8. Pelanggan
    Mencari pelanggan baru, dengan tidak melupakan pelanggan lama. Mencari pelanggan baru 2x lebih sulit daripada mempertahankan pelanggan lama. Apapun yang terjadi, pertahankan keduanya.

9. Miskin Manajemen Waktu
    Karena Anda sendiri yang mengawasi dan mengarut usaha kita sendiri, usahakan disiplin waktu dari memulai usaha baru Anda. Walau sedikit sulit utnuk beberapa orang, tapi pasti akan lebih mudah jika terbiasa.

10. Lokasi Yang Buruk
    Jika Anda akan membuka toko untuk usaha, pilihlah lokasi yang strategis. Misalnya lebih baik membuka toko di deretan jalan dua arah daripada satu arah, lebih baik membuka toko di area pertokoan daripada membuka sendiri di area baru terlebih jika toko yang dibuka masih kecil.

11. Tidak Berani Mempekerjakan Pegawai
    Inilah salah satu kekurangn pengusaha baru, tidak berani mempekerjakan pegawai. Seringkali usahawan muda berfikir kalau ada pegawai maka keuntungan semakin sedikit. Bagaimana kalau bisnis baru terseok, uang buat gaji karyawan darimana? Memang pada awalnya laba akan dikurangi untuk gaji staf. Tetapi Anda sebagai pemilik usaha akan memiliki banyak waktu untuk memikirkan cara mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi dan lebih kuat, cenderung selalu bisa menggaji karyawan dengan lebih baik.

12. Pegawai Tidak Terkendali
    Memang kita membutuhkan pegawai apabila memang kita sudah memerlukannya. Namun sebaliknya, apabila memang benar-benar belum membutuhkan pegawai, jangan memaksakan diri merekrut pegawai. Untuk lebih mudahnya, apabila akan merekrut pegawai baru, rumuskanlah dulu job description dan pekerjakan pegawai dengan jumlah sedikit-sedikit dahulu agar Anda dapat menyesuaikan diri pula.

13. Terlalu Cepat Menarik Uang
    Poin ini sering dilakukan oleh para pengusaha baru. Rekening yang pada awalnya berisi saldo segitu-gitu saja tiba-tiba bernominal buncit. Tertaik utnuk membeli barang-barang pribadi? pastinya.
Tapi pikirkan dahulu untuk jangka panjangnya. Memang sulit di awal, tetapi belajarlah berhati-hati mempergunakan uang Anda.

14. Terlena dengan kesuksesan
    Anda merasa bisnis Anda sudah jalan, karyawan ada, sistem punya, uang ada. Tunggu dulu, jangan terburu merayakan dahulu dengan mengendorkan kewaspadaan Anda. Business is a competiition. Bila memang Anda punya banyak waktu luang, belajarlah hal-hal yang sekiranya dapat memperbesar bisnis Anda. Pelajari serta amati terus pasar dan awasi kompetitor.

15. Terlalu Cepat Berekspansi
    Ekspansi bisnis sepertinya memang terlihat dan terdengar sangat keren.  Membuka cabang bisnis membutuhkan kehati-hatian layaknya sedang merintis bisnis dari awal. Jangan sampai melenceng dari bisnis awal Anda, bisa jadi Anda akan terjebak ke dalam usaha yang sama sekali baru.

6 Contoh Pengusaha Indonesia Yang Sukses Dengan Modal Ijazah SD

        6 Contoh Pengusaha Indonesia Yang Sukses Dengan Modal Ijazah SD

    Realita kehidupan memang selalu memberikan yang sesuai dengan apa yang telah seseorang lakukan, tidak peduli ia berasal dari latar belakang yang seperti apapun kalau dia benar-benar gigih dan selalu bekerja keras dalam usahanya, akhrinya bisa sukses pula.

    Ijazah yang tinggi ternyata bukanlah sesuatu hal yang menjadi patokan kesuksesan seseorang, buktinya banyak sekali orang-orang sukses berikut yang telah menjadi milyarder dengan modal ijazah SD bahkan ada juga yang tidak sekolah sama sekali. Mau tahu siapa saja orang-orang tersebut.

Berikut adalah 6 Pengusaha yang Sukses dengan modal Ijazah SD :


1. Adam Malik
    Adam Malik bukanlah seorang pengusaha namun dia adalah agen dari CIA. Walaupun bukan seorang pengusaha tetapi kalau bicara soal diut tidak ada bedanya dengan pengusaha. Menurut kabar yang beredar ternyata Agen CIA ini ternyata tidak pernah mengenyam bangku sekolah. Hebat ya....


6 Contoh Pengusaha Indonesia Yang Sukses Dengan Modal Ijazah SD


2. Andri Aryansah
    Siapa pun berhak sukses, apa pun latar belakangnya. Salah seorang yang  telah membuktikan itu adalah Andri Aryansah. Pria yang hanya mengecap pendidikan SD ini berhasil menjadi pengusaha sukses dengan omzet per bulan mencapai Rp.70 juta.
Dia pernah menjadi pembantu rumah tangga di daerah Dipati Ukur. Pekerjaan iru dia lalui selama 3 tahun. Pasa 2004 Andri naik pangkat dengan bekerja di Record Man, sebuah toko pakainan yang identik dengan musik cadas. kejujuran dan kerja kerasnya membuat Andri dipromosikan hingga menjadi manajer toko tersebut. Setelah 7 tahun bekrja di Record Man, Andri memutuskan utnuk keluar dari tempat bekerjanya. Dengan membuka bisnis pakaian sendiri sekarang telah memiliki omset sebesar 70 juta/bulan.

3. Sukarno Munawar
    Sekalipun hanya lulusan SD, Sukarno Munawar piawai dalam beternak kelinci. Kepandaiannya mengurus hewan ini mengundang minat dari berbagai kalangan, mulai dari sesama peternak kelinci, pelajar sekolah, sampai peneliti bergelar S-2 dan S-3 dari Balai Penelitian Ternak. mereka 'berguru" budidaya kelinci kepadanya. Wahh keren ya, lulusan SD menjadi guru dari S-2 dan S-3.
Sukarno membuktikan bahwa dengan niat dan kemauan yang keras untuk maju membuktikan bahwa lulusan SD pun bisa menjadi sukses. Banyak orang yang memiliki pendidikan tinggi akhirnya tidak dapat melakukan sesuatu dengan baik. Hal ini diakibatkan kurang fokusnya dia dalam bekerja. Terlalu banyak tahu namun sedikit berbuat. Itulah kira-kira sifat manusia yang memiliki pendidikan tinggi. Gengsi mungkin, hehe.

4.Basrizal Koto
    Basrizal Koto atau yang biasa disebut Basko ini lahir di Kampung Ladang, Pariaman. Masa kecil yang dialaminya sungguh sangat getir, dia sering makan sekali dalam sehari. Mengingat pekerjaan orang tuanya hanya sebagai buruh tani yang mengolah gabah. Ibunya pun sering meminjam beras ke tetangga demi untuk makan keluarga. Basrizal Koro hanya sempat bersekolah hingga kelas lima SD.
    Keadaan ini membuat Basko bertekad untuk bisa merubah keadaan keluarganya sekarang, ia rela meninggalkan sekolahnya demi berkelana merantau di Riau. Basko yang panjang akal dan visioner mengawali usahanya dengan berjualan pete. Kemahirannya berkomunikasi, membangun jaringan, menepati janji, dan menjaga kepercayaan akhirnya membawanya sukses menaklukan kemiskinan, membangun kerajaan bisnis, dan menciptakan lapangan kerja.

Jumlah perusahaan yang dikelolanya kini mencapai 15 perusahaan dan sejak 2006 dia juga terjun ke bisnis penambangan batu bara di Riau, menyediakan jasa TV kabel dan Internet di Sumatra.Beberapa perusahaan yang masuk dalam MCB Group miliknya adalah PT Basko Minang Plaza (pusat belanja), PT Cerya Riau Mandiri Printing (percetakan), PT Cerya Zico Utama (properti), PT Bastara Jaya Muda (tambang batubara), PT Best Western Hotel (Hotel Basko), dll. Proyek terakhir yang tengah digarapnya adalah pendirian Best Western Hotel dengan 198 kamar. Sebuah hotel bintang empat plus yang tengah di bangun di Padang, Sumatra Barat.


6 Contoh Pengusaha Indonesia Yang Sukses Dengan Modal Ijazah SD





5. Andrie Wongso
    Beliau adalah salah satu pengusaha sukses dan motivator no.1 di Indonesia. Andrie lahir dari sebuah keluarga miskin di kota Malang. Di usia 11 tahun (kelas 6 SD) terpaksa harus berhenti bersekolah karena sekolah mandarin tempat Andrie kecil bersekolah ditutup. Maka SDTT (Sekolah Dasar Tidak Tamat) adalah glear yang disandangnya saat ini. Masa kecil hingga remajanya pun kemudian dilalui dengan membantu orang tuanya membuat dan berkeliling berjualan kue ke toko-toko dan pasar.
    Kemudian ia memutuskan merantau di ibukota demi mengubah nasib dengan satu tekad yakni siap menghadapi apapun di depan dengan berani dan jujur. Maka dimulailah kerja sebagai salesman produk sabun sampai pelayan toko. Perjalanannya kemudian ahirnya sampai bisa mengatarkannya menjadi sangat sukses. Sekarang ia lebih fokus menjadi seorang motivator dengan klien-kliennya mulai dari Perusahaan Perbankan, Pemerintahan dan BUMN, Asuransi, Organisasi, Media cetak, Media Elektronik, sampai olahraga.

6. Eka Tjipta widjaja
    EKA Tjipta Widjaja adalah seorang Bos dari Grup Sinarmas. Ia adalah orang terkaya nomer dua di Indonesia dibawah sang pemilik Djarum Budi Hartono. Berasal dari keluarga miskin ia hanya mampu menyelsaikan sekolah sampai SD.
Eka Tjipta telah menjadi taipan sukses yang memiliki lebih dari 200 perusahaan dengan ratusan ribu karyawan. Menurut dia, bila satu orang menanggung beban hidup satu keluarga dengan tiga anggota lain, 1 juta lebih penduduk bergantung kepada Sinar Mas.
Sekali lagi fakta sejarah membuktikan,ijazah pendidikan formal bukanlah segalanya. Berbekal Ijazah SD , Eka Tjipta yang dilahirkan sebagai anak orang miskin dengan gigih mengubah sejarah menjadi orang terkaya nomor dua di Indonesia.